All about Animals, Innovation, Law, Management, and Soccer: PRODUK BARANG ATAU JASA YANG UNIK DAN INOVATIF SERTA PENJABARAN ANALISIS LINGKUNGANNYA (PART 2)

IWA

PRODUK BARANG ATAU JASA YANG UNIK DAN INOVATIF SERTA PENJABARAN ANALISIS LINGKUNGANNYA (PART 2)


Sumber: wartakesehatan.com


      Nasi Goreng Sehat (Nasi Merah dengan Bahan-Bahan yang Menyehatkan)
       Nasi goreng merupakan salah satu makanan terfavorit masyarakat Indonesia. Namun, nasi goreng dengan berbahan dasar nasi putih merupakan sumber kalori yang tinggi digoreng dengan menggunakan minyak goreng yang tidak menyehatkan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Bahkan, yang sedang menjalani program diet, makanan yang satu ini menjadi biang utama kegagalan diet karena rasa lapar saat malam hari sering tidak terkendali dan menu nasgor ini begitu banyak di kaki lima maupun rumah makan.
       Dalam acara program memasak di televisi atau media lainnya, telah dikembangkan resep makanan nasi goreng yang lebih sehat dengan menggunakan nasi merah, minyak zaitun, sayur organik, sedikit garam, daging ikan, dan bahan-bahan menyehatkan lainnya.
       Berdasarkan resep itulah, maka nasi goreng sehat menjadi menu sehari-hari yang dapat dijual di restoran atau rumah makan. Segmentasi produk ini adalah kelompok atau keluarga menengah ke atas yang sangat memperhatikan gizi dan kesehatan makanan. Hal ini dikarenakan bahan seperti minyak zaitun merupakan bahan yang paling mahal untuk dibeli dalam membuat nasi goreng sehat. Pesaing dari produk ini masih sangat jarang. namun dapat menjadi pasar yang baik dengan memperhatikan lokasi penjualan yang strategis, yaitu di pusat kota atau tempat-tempat wisata. Resep ini sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalani program diet dan bagi penderita diabetes, tapi kelemahannya untuk membuat makanan ini membutuhkan biaya yang mahal dan bahan-bahannya hanya ditemukan di tempat tertentu (langka).


4.    Es krim Madu Kurma
Sumber: www.sarangmadumurni.com
Sumber: www.youtube.com
      Es krim merupakan makanan ringan yang diminati oleh masyarakat, terutama anak-anak. Es krim pada umumnya berbahan dasar susu sapi perlu dikembangkan dengan variasi dan rasa unik lainnya, supaya konsumen tidak bosan. Adapun variasi dan rasa unik lainnya seperti penggunaan kurma sebagai komposisi utama dan madu sebagai pengganti gula. Bahkan,bagi mereka yang alergi susu sapi, bisa diganti susu kedelai yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Penggunaan kurma, susu kedelai, dan madu merupakan kombinasi yang tepat karena mengandung gizi yang baik dan menyehatkan.
      Dengan adanya produk es krim madu kurma, diharapkan dapat membuka peluang usaha baru di masyarakat yang sudah jenuh dengan rasa es krim standar. Segmentasi pasar produk ini adalah mahasiswa dan masyarakat umum yang haus akan jenis makanan/minuman yang inovatif dan menyehatkan. Targetting produk ini dibagi dua, yaitu target jangka pendek, meliputi sekelompok mahasiswa dan target jangka panjang, meliputi masyarakat umum, terutama anak-anak dan para pehobi makanan es krim. Positioning dari produk ini adalah pembuatan es krim yang diproses secara higienis, dengan variasi rasa yang unik (madu dan kurma), yang membedakannya dengan es krim standar. Aspek pemasaran dilakukan melalui selebaran atau  brosur tentang produk es krim madu kurma, dilakukan 2-3 kali seminggu. Izin laboratorium dan izin depkes tentunya diperlukan agar produk ini diterima dan diminati di masyarakat. Harga produk ini dengan brand yang belum terkenal hendaknya di bawah harga es krim dengan brand terkenal, tidak terlalu mengejar profit, walupun bahan dasar es krim ini menggunakan bahan dasar madu dan kurma yang lebih mahal dari gula dan buah-buahan lainnya. Jika produk es krim ini akhirnya diminati dan diterima oleh pasar, maka harga produk ini dapat ditingkatkan dengan memperhatikan survei dan pendapat dari konsumen-konsumen, sehingga profit dapat ditingkatkan.

5.     Es Teh Cincau
 
Sumber: resepnasional.com
          Cingcau yang biasa diolah sebagai campuran es, ternyata lebih segar jika dipadukan dengan teh manis. Minuman ini merupakan variasi dari es teh manis biasa. Teh yang disajikan untuk dicampur dengan cingcau sebaiknya jenis teh jasmine dengan wangi yang khas. Minuman jenis ini hanya cocok disajikan dingin dengan tambahan es batu secukupnya. Minuman ini bisa divariasikan dengan susu kental manis, jadi menyerupai teh tarik yang dicampur cincau. Tentunya akan lebih bernilai jika cincaunya dibuat dengan bentuk yang unik, membuat semakin penasaran konsumennya.
             Segmentasi produk ini adalah masyarakat yang baru saja melakukan aktivitas berat, baik di kantor, maupun di lapangan. Dengan kata lain, segmentasi produk ini adalah masyarakat usia produktif. Kerjasama dengan pemasok es dan pemasok cingcau diperlukan agar komposisi bahan produk ini terpenuhi dengan memperhatikan kebutuhan konsumen. Harga yang ditawarkan harus terjangkau di bawah Rp. 5000,- agar konsumen tertarik dengan produk ini dan menjadikannya sebagai minuman utama mereka. Positioning produk ini adalah adanya cingcau segar (baik cingcau hitam maupun cingcau hijau) yang diiris secara unik dipadukan dengan es teh manis, yang membedakannya dengan es teh manis biasa. Pengemasan produk ini menggunakan cup (gelas plastik) transparan dengan mencantumkan 
brand di gelas tersebut atau jika dipasok ke rumah makan tertentu, menggunakan gelas kaca transparan.
n
n
Silakan mampir juga ke blog saya yg kedua (ttg kesehatan & kemanusiaan, full text english) dan ketiga (ttg masalah & solusi kelistrikan). Semoga bermanfaat. Thx. Berikut link-nya:
Blog 2: healthyhumanityvicagi.blogspot.com
Blog 3: listrikvic.blogspot.com


 
    




No comments:

Post a Comment

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)😇
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜

Disrupsi Digital dan Inovasi Era Kenormalan Baru

Disrupsi Digital Pandemi Covid-19 yang terjadi berbulan-bulan dan menimpa hampir seluruh negara di dunia membuat kacau kondisi ekonomi se...