All about Animals, Innovation, Law, Management, and Soccer: Salah Kaprah mengenai Kreativitas dan Inovasi

IWA

Salah Kaprah mengenai Kreativitas dan Inovasi


Sumber: materibelajar.id
     Orang yang kreatif belum tentu inovatif, tapi orang yang inovatif sudah pasti kreatif. Seringkali orang salah kaprah dan tertukar antara definisi kreatif dan inovasi. Orangnya disebut kreator dan inovator. Keduanya memiliki kesamaan, yaitu berkaitan dengan aktivitas otak kanan, berkaitan dengan hal-hal yang baru dan positif. Seorang yang kreator dan inovator dituntut memiliki imajinasi yang tinggi. Seorang kreator dan inovator selalu menemukan solusi di tiap masalah, bukan memunculkan masalah baru. Lalu, apa perbedaannya? 
       Serupa tapi tak sama, ya, pemahaman orang awam tentang istilah kreatif dan inovasi seringkali tertukar. Padahal, keduanya merupakan istilah yang berbeda. Kreatif, berasal dari kata dasar kreasi, merupakan ide-ide yang benar-benar baru, fresh, orisinil, dan bukan tiruan, sedangkan hasil dari ide-ide tersebut disebut kreativitas. Penulisan kreativitas pun sering salah kaprah. Banyak juga yang menulis kreatifitas, padahal yang benar adalah kreativitas. Contoh perbuatan kreatif: menulis ide membuat kerajinan tangan dari bahan daur ulang, maka kreativitas merupakan kemampuan untuk mencipta dan membuat ide baru.
     Sedangkan inovatif, dengan kata dasar inovasi, merupakan aktualisasi dan pelaksanaan nyata dari ide-ide baru. Inovatif diperoleh jika tindakan kreatif memiliki nilai yang berharga disertai praktiknya. Contoh tindakan inovatif adalah membuat produk nyata kerajinan tangan dari bahan daur ulang yang sudah dikomersilkan. Inovatif bisa dikatakan tindak lanjut dari kreatif. Seseorang yang inovatif bisa menjadi agen perubahan di lingkungannya yang mungkin saja pada awal kemunculannya sering tidak dianggap, bahkan dicemooh, walau akhirnya mendapat banyak pujian, bahkan dengan promosi gratis mouth to mouth, karyanya semakin diakui di tempat lain.
       Seseorang yang kreatif dan inovatif seringkali bukan tipe pemikir dan textbook, melainkan mengambil keputusan dengan intuisi dan imajinasinya, serta cenderung visioner, memikirkan dampak beberapa tahun ke depan. Seorang kreator dan inovator lebih jago dalam hal memprediksi sesuatu dan lebih cerdas dalam mengambil peluang. Kreatif dan inovatif selalu berkaitan dengan ide baru yang positif, sedangkan jika berkaitan dengan ide baru tapi negatif, itu jatuhnya jadi licik dan licin hehe.. Kreatif selalu berpasangan dengan inovatif, yaitu lebih ke tindakan perorangan, sedangkan kreativitas selalu dipasangkan dengan inovasi, yaitu kumpulan dari ide-ide tersebut, sehingga ruang lingkupnya lebih luas. Kreativitas dan inovasi biasanya dikaitkan dengan perusahaan. Jika kreativitas dalam suatu perusahaan masih terbatas pada kumpulan ide-ide yang diperoleh dari karyawan yang terlibat, maka inovasi adalah implementasi ide-ide tersebut (kesepakatan bersama) yang ujung-ujungnya untuk dikomersialkan (produksi massal).
       Silakan mampir juga ke blog saya yg kedua (ttg kesehatan & kemanusiaan, full text english) dan ketiga (ttg masalah & solusi kelistrikan). Semoga bermanfaat. Thx. Berikut link-nya:
Blog 2: healthyhumanityvicagi.blogspot.com
Blog 3: listrikvic.blogspot.com



No comments:

Post a Comment

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)😇
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜

Presiden Baru AS serta Dampaknya Terhadap Penegakan Hukum dan HAM di Indonesia

Joe Biden baru saja terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46 dan membawa angin segar bagi dunia internasional, termasuk Indonesi...