All about Animals, Innovation, Law, Management, and Soccer: Tipikal Striker Murni di Era Sepak Bola Modern

IWA

Tipikal Striker Murni di Era Sepak Bola Modern

Sumber: quora.com

Striker murni biasa disebut juga goal getter, center forward atau ada juga centre forward (ga tau mana yang lebih tepat antara center dan centre, tapi keduanya sama-sama sering digunakan). Nah, striker murni ini memiliki berbagai macam tipikal:

1. Tipikal Big Man
Sudah tentu wajib punya postur di atas rata-rata, biasanya di atas 187 cm (utk standar internasional, tp utk ukuran Indonesia 175 cm sdh memenuhi syarat hehe..), tinggi kekar, cenderung hanya diam di kotak penalti, lambat, tapi memiliki penempatan posisi yang baik, menjadi pemantul bola bagi rekan-rekannya, serta naluri mencetak gol yang tinggi. Di samping itu, striker jenis ini memiliki duel udara yang sangat baik. Contoh: Romelu Lukaku dan Harry Kane. Banyak yang bilang tipikal big man merupakan tipe penyerang malas, tapi berubah menjadi garang kalau sudah di area kotak penalti. Tipikal striker ini disebut juga CF (Center Forward) sejati.

Lukaku dengan postur tinggi kekar 190-an cm. Sumber: dailysstar.co.uk

2. Striker Jangkung dengan Tipikal yang tidak Mau Diam
Pada dasarnya tipe penyerang ini adalah goal getter, bisa juga sebagai pemantul bola, tapi tidak mau berpatokan di satu posisi, rajin membuka ruang (berperan sebagai ST/Second Striker), bahkan ikut mundur, serta punya kecepatan, sehingga diharapkan membingungkan pertahanan lawan. Postur tetap ideal seperti tipikal big man, tapi cenderung tinggi langsing, licin, dan ga mau diam (karena bergerak terus menjemput bola). Misal: Karim Benzema dan Ibrahimovic
Benzema dan Ibrahimovic yang berpostur tinggi langsing, tapi khusus Ibrahimovic memang memiliki tulang yang besar, sehingga terlihat seperti raksasa

3. Tipikal Pelari, Penyelinap, dan Jago Dribble
Striker murni modern tidak melulu bicara postur, lihat saja striker murni yang dimiliki tim Manchester City rata-rata bertubuh mungil, yaitu Sergio Aguero dan Gabriel Jesus. Ada juga striker PSG, Neymar, dan Striker Barca, Leonel Messi, semuanya punya tinggi badan di bawah 180 cm. Naluri mencetak gol mereka tinggi, keterbatasan postur diakali dengan penempatan posisi yang pas, lincah, dan cerdik ketika duel bola udara dan menyundul bola. Striker tipe ini juga bisa berperan sebagai CF, ST, dan WG sekaligus, rajin menyelinap dan memancing pertahanan lawan dengan teknik, kecepatan, dan dribble kelas tinggi. Striker tipe ini cenderung "provokatif" karena senang melewati beberapa pemain bertahan lawan, sehingga memancing lawan untuk melanggar dengan tekel keras. Dengan spesialisasi lari yang cepat secara terus menerus, striker tipe ini harus memiliki VO2 max yang lebih tinggi dibanding striker big man. Striker bertipe seperti ini cenderung eksplosif, sehingga pemulihan ke pertandingan berikutnya lebih lama daripada pemain bertipe lain. Di samping itu, gerakan eksplosif tersebut menikbulkan konsekuensi, yaitu rentan cedera, di samping akibat sering ditekel lawan.
4. Tipikal Winger/penyerang sayap, tapi Sanggup dan Bermain Sama Baiknya jika ditempatkan di Posisi CF maupun ST.
Jelas siapa pemain yang dimaksud, ya, tentu saja Cristiano Ronaldo. Posisi aslinya memang winger, tapi sering berubah posisinya menjadi CF maupun ST membuat pemain lain yang asalnya striker murni bergerak membuka ruang dan menempati posisi winger. Ditunjang skill ok, kecepatan mantap, naluri mencetak gol tinggi, serta postur tinggi ideal dan kokoh, membuat pemain tipikal seperti ini bisa menjalankan peran yang berbeda dengan sama baiknya, tentunya harus didukung oleh rekan setimnya yang harus mengalah dan mau mengubah posisinya juga.
Sumber: Wikipedia
Saya membayangkan, jika semua striker murni yang berbeda karakter ini disatukan dalam satu tim, maka tim tersebut akan memiliki barisan penyerangan yang super agresif dan haus gol. Tapi ada risikonya, kemampuan defence tim menjadi agak berkurang, karena pada dasarnya karakter striker murni adalah hanya ingin menyerang dan malas bertahan.
Silakan mampir juga ke blog saya yg kedua (ttg kesehatan & kemanusiaan, full text english) dan ketiga (ttg masalah & solusi kelistrikan). Semoga bermanfaat. Thx. Berikut link-nya:
Blog 2: healthyhumanityvicagi.blogspot.com
Blog 3: listrikvic.blogspot.com




No comments:

Post a Comment

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)😇
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜

Presiden Baru AS serta Dampaknya Terhadap Penegakan Hukum dan HAM di Indonesia

Joe Biden baru saja terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46 dan membawa angin segar bagi dunia internasional, termasuk Indonesi...