IWA

Inovasi dan Kreasi Martabak agar Naik Kasta

     Martabak merupakan makanan yang sangat digemari semua kalangan, berbahan dasar tepung terigu, dan sering ditemukan di berbagai negara termasuk Indonesia, meliputi dua jenis, martabak manis dan martabak asin (telur). Saya search di google, ternyata kedua jenis martabak ini memiliki sejarah yang berbeda. Martabak manis atau yang aslinya bernama Hok Lo Pan awalnya merupakan makanan khas Kepulauan Bangka Belitung. Hok Lo Pan artinya martabak yang diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Martabak manis ini umumnya berbahan dasar tepung terigu, gula, mentega, susu, coklat, keju, serta variasinya (sering disebut topping). Topping bisa menggunakan selai, pisang, almond, coklat Nutella, Kit Kat, wafer Loacker, dsb. Terkadang, topping itulah (yang merek impor) yang justru lebih mahal dari martabak manisnya. Martabak manis umum bertekstur tebal sementara untuk variasi yang lebih sulit dibuat lebih tipis dan krispi. Biasanya membutuhkan loyang khusus untuk membuat martabak manis tipis ini dan harganya pun lebih mahal daripada yang bertekstur tebal. Di Malaysia, martabak manis dikenal sebagai kue terang bulan n nama tsb terbawa jg ke Indonesia, misal di Yogyakarta n sebagian besar Indonesia bagian Timur, lbh dikenal kue terang bulan daripada martabak manis. Mengapa dinamakan kue terang bulan? krn bentuknya bulat spt bulan utk setiap 1 dus martabak manis (sesimpel itu alasannya utk suatu penamaan makanan yg aneh...). Tp di Jakarta, martabak manis disebut Martabak Bangka. Sumber: id.wikipedia.org. Bahkan, sekarang martabak manis terdapat variasinya, yaitu berukuran mini, imut, berwarna warni, dan lebih disukai anak-anak, sehingga dinamakan martabak unyil.

Martabak Manis Polos, Umumnya Bertekstur Tebal. Sumber: dram.co.id

Martabak Manis Tipis yang Dianggap Premium karena Lebih Sulit & Mahal dari yang Polos Tadi. Sumber: femina.co.id
     Sementara, martabak asin (sering disebut juga martabak telur) berasal dari India, dibawa oleh pemuda Jawa setelah menikahi wanita India. Martabak tersebut diperkenalkan kepada keluarga besarnya melalui acara keluarga besar di Jawa. Dan ternyata, makanan tersebut cocok dengan selera mereka dan tentunya akan cocok pula dengan lidah orang Indonesia. Martabak asin berbahan dasar tepung terigu, telur (ayam/bebek), bawang daun/bombay, penyedap, garam, serta daging (ayam/sapi/kornet). Jika masih tidak puas, biasanya ada topping seperti jamur, ikan tuna/salmon, sosis, keju, dsb.


Martabak Asin pada Umumnya, Biasanya untuk Sajian Makan Malam Sebagai Lauk dari Nasi. Sumber: resepmedia.com
Ini juga Martabak Asin Sederhana (Terlihat dari Cetakannya n Berbahan Dasar Kulit Lumpia) yang hanya Tersedia di Toko Kue, jadi Saya Menyebutnya Martabak Kue, Khusus untuk Cemilan tanpa Nasi hehe.. Sumber: tokomesin.com
Kl ini Jajanan & Cemilan Anak Sekolah Martabak Asin Bulan Sabit (Berbahan Dasar Kulit Lumpia) yg dijual Rp 1000 per Bijinya. Ini Mungkin Adiknya Martabak Terang Bulan hehe...Sumber: cookpad.com



Martabak Asin Premium dengan Varian Keju Mozzarella. Sumber: Style.tribunnews.com
     Martabak sepertinya tidak bisa menjadi kuliner identitas kota di Indonesia, karena sudah menjadi kuliner sejuta umat yang selalu tersedia dan menjamur spt mininarket dgn lokasi yg berdekatan (buka sore hingga tengah malam, baik toko mandiri maupun PKL) di setiap kota. Untuk itu perlu inovasi dan kreasi yang berani, agar martabak bisa naik kasta, bahkan menjadi makanan premium dan identitas kota. Hal itu pula yang terjadi di Kota kecil Cimahi, Jawa barat. Di Cimahi, banyak penjual martabak di lokasi strategis Kota Cimahi. Tapi, saya penasaran dengan MARTABAK REZQY yang baru dilaunching untuk pertama kalinya pertengahan bulan Desember 2017, berlokasi sangat sederhana (tapi bersih dan strategis) di Jalan Mahar Martanegara/Leuwigajah 217, Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Lokasinya dekat dengan SMKN 1 Cimahi. Kl menggunakan tol, lokasi dekat tol Baros (keluar tol Baros ke kanan 2 kali lokasi sudah terlihat di sebelah kanan). MARTABAK REZQY pny tagline lezat, nikmat, n murah.
Lokasi Sederhana dengan Tempat Parkir Terbatas tapi Bersih, Strategis n Selalu Ramai Pembeli, Terutama saat Weekend. Sumber: IG @martabakrezqy
     Ada yg menarik perhatian saya, brand dan logo MARTABAK REZQY ini sepertinya diambil dari nama dan wajah anak laki-laki owner-nya. Nama ower-nya adalah Miftah, org Jawa yg merantau k Cimahi. Brand REZQY juga sebagai doa agar usahanya selalu murah rezeki. Aamiin. Tapi, saya tidak tahu persis apakah nama brand dan logo REZQY ini sudah didaftarkan merek dagangnya berikut rahasia dagangnya (resep)? Apakah nama REZQY sudah ada yang punya atau mirip2 merek dagangnya? Mengingat yg namanya mirip/setipe seperti RIZKI, REZEKI, RIZQI, dsb tidak boleh berulang dalam suatu merek dagang. Tapi mudah2an sdh didaftarkan dan jika belum, alangkah baiknya segera didaftarkan merek dagang berikut rahasia dagangnya ke Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI) agar mendapat kepastian hukum, tenang dalam melakukan pengembangan branding, terhindar dari penjiplakan dan resep dicuri (terutama dari org dalam yg keluar buka usaha sejenis sendiri), serta semakin mudah untuk dibuat waralabanya. Setahu saya, ada program khusus yang dicanangkan pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk pelaku UKM dan ekonomi kreatif  sehingga mendaftarkan merek dagang berikut rahasia dagangnya bisa ditekan lebih murah (mgkn sekitar Rp. 2 jutaan) dan untuk perpanjangan (setelah 10 tahun) siap2 kembali dikenakan biaya.
     Ada beberapa hal yang membuat saya penasaran dengan Martabak REZQY ini:

1. Martabak Jaman Now (Shrsnya yg Baku Zaman Sekarang/Kekinian hehe..) dengan Harga yang Terjangkau 
    Martabak ini kelasnya bukan PKL, tp sdh di atsnya, krn sdh punya tempat sendiri, shg sy pun membandingkan dgn martabak lain (kompetitor) yg sdh pny tempat sendiri. Harganya pun mnrt sy lbh terjangkau. Ini harga menunya:
Logo Brand (Ujung Kiri Atas) Wajah Anak si Owner-nya & Harga Martabak yang Terjangkau, dimulai dari IDR. 2.5 K-40 K. Maaf, itu Alamat yang Benar Nomor 217 (di Akun IG martabakrezqy) atau 141 (di Menu) ? Perlu diklarifikasi...Sudah Dikoreksi, yg Bnr  217
     

     Desain n warna menunya cukup simpel, bernuansa sejuk berwarna biru hitam. Mgkn sang owner-nya fans klub sepak bola Inter Milan dan perhatikan warna kostumnya sama dengan warna menu tersebut hehe..
Inter Milan. Sumber: bertagar.id


     Harga martabak sangat terjangkau jika dibandingkan kompetitor, dimulai dari Rp. 2500 (martabak unyil) sampai yg termahal Rp. 40 rb (martabak telur *bkn telor* super bebek). Sy penasaran kl malam martabak tsb bnyk pembeli, shg sy cb beli martabak asin telur ayam biasa dan martabak manis coklat keju, total yg dibayarkan Rp. 37 rb n rasanya mantap, smntr sy pernah beli di tempat lain (yg pny toko sendiri n bkn PKL) d dkt tol Baros, martabak manis biasa sj sdh habis Rp. 30 rb, blm lg yg martabak asin jg sktr Rp. 30 rb, bhkn yg termahal tembus Rp. 90 rb. Mgkn yg bikin mahal itu brand-nya, apalagi jika itu franchise yg udh pny nama n sdh diliput media. Pdhl, jujur saja, rasanya ga jauh beda kok. Kl ada yg murah enak n mahal enak, ya jelas mending pilih yg murah enak n itu ada di MARTABAK REZQY hehe..  
   MARTABAK REZQY menerima pesan antar dgn menghubungi nomor HP & WA spt yg tertera pd foto menu di atas, cocok utk yg ingin serba praktis, malas keluar krn hujan n macet. Tp hrs dijelaskan pula layanan pesan antar ini utk se-Kota Cimahi saja atau meliputi wilayah lain, misalnya Padalarang, perbatasan Cimahi Bandung, dsb? Ke dpnnya, akn diupayakan bekerja sama dgn GO-JEK Indonesia melalui aplikasi GO-FOOD, shg dgn adanya layanan online ini akn smkn memudahkan konsumen memesan martabak. Diupdate 24 April 2018: Bbrp minggu yg lalu, MARTABAK REZQY sdh bekerja sama dgn GO-JEK melalui aplikasi GO-FOOD, dgn wilayah meliputi Cimahi dan sekitarnya. Menurut kang Miftah, dengan kerja sama ini, pemasaran dan pendistribusian produknya akn smkn luas dan beragam, walaupun mereka (GO-JEK) minta imbalan berupa sistem bagi hasil sebesar 20 %. Dan itu ada perjanjian kontrak tertulisnya. Dalam hati saya, dengan adanya kontrak tersebut dan smkn menjamurnya UMKM ang butuh bantuan GO-JEK, tambah kaya ini GO-JEK hehe..

2. Inovasi MARTABAK REZQY
    Saya sering memperhatikan perkembangan MARTABAK REZQY dengan melihat akun IG-nya @martabakrezqy , trnyta dari hari ke hari semakin banyak saja inovasi-inovasi yang dibuat mulai dari variasi topping yg smkn bnyk, meliputi topping umum (coklat, keju, daging ayam, daging sapi, dsb) dan topping jaman now (oreo, toblerone, nutella, jagung, pete, pizza, dsb). Khusus untuk martabak manis ada 5 inovasi jenis adonannya (tinggal pilih), ada original polos, pandan polos, red velvet polos, black sweet polos, green tea polos, dan telur (untuk martabak asin).
     Diupdate 25 April 2018: Beberapa bulan setelah MARTABAK REZQY dibuka (launching Desember 2017), saya mengunjungi MARTABAK REZQY utk kedua kalinya. Sy perhatian menunya semakin variatif saja. Untuk martabak asin, sudah menambahkan varian pete, sedangkan untuk minuman ada bubble drink. Ada cemilan titipan seperti donat. Bahkan, sebagai servis bagi pengunjung yang "nangkring" di MARTABAK REZQY disediakan teh manis dan cemilan martabak manis gratis. Sy\aya pun berkesempatan menikmati servis gratis tersebut sambil sharing ilmu dengan kang Miftah&friends. Tempatnya memang sederhana, lahan parkir msh krg, tapi pikabetaheun buat nangkring dan sharing ilmu.
Servis Gratis Cemilan dan Teh Manis utk yang Ingin Nangkring di MARTABAK REZQY



Inovasi Martabak Asin (Telur) Sosis Level 5...Hot
Varian Baru Bubble Drink

3. Silaturahim Menambah Rezeki
     Sepertinya sang owner, kang Miftah, dalam menjalankan usaha mandiri perdananya ini menganut prinsip silaturahim menambah umur dan rezeki (berkah) yang sering kita dengar di ceramah Islam. Kang "Rezqy" yang saya kenal someah (ramah) dan humble ini selalu menyempatkan diri mengobrol dengan konsumennya, terutama tentang layanan MARTABAK REZQY. Beliau menyediakan beberapa kursi di depan tokonya untuk berbincang hangat dengan konsumennya sambil menyantap martabak. Bahkan untuk konsumen tertentu yang dianggap potensial dan tamu kehormatan (seperti saya ini hehe..), bakal lebih akrab dengan perbincangan yang menarik diakhiri dgn foto bareng (wefie) dan testimoni utk diupload di akun IG martabakrezqy dan juga akun medsos sy IG: @vickycahyagi serta blog saya: vicagi.blogspot.com . Tentunya ini sarana promosi gratisan yang efektif. Jika di dunia nyata, ada sarana mouth to mouth, maka di dunia maya adalah testimoni di medsos (dengan harapan ada follower yg penasaran). Coba bayangkan, jika owner-nya bersikap sebaliknya seperti jutek dan pasif, bisa jadi menjadi senjata makan tuan, karena testimoni tersebut berubah menjadi testimoni negatif dan kritik yang menjatuhkan. Silaturahim dan akhlak yang baik menambah teman dan rezeki, serta senyum (yang wajar bkn senyum-senyum sendiri) adalah sedekah penarik rezeki juga :).
     Diupdate 27 April 2018: Kebiasaan someah n murah senyum yang dianut kang Miftah trnyta di samping kebiasaan, juga dilatih saat dia menjadi karyawan di salah satu bank swasta nasional. Menurut kang Miftah, senyum pun ada pelatihannya, bagaimana posisi mulutnya, bagaimana posisi giginya, bahkan ketika menghadapi keluhan pelanggan pun harus tetap tersenyum. Di bank, senyum dan sikap ramah menjadi semacam SOP dalam menghadapi pelanggan, terutama front liner-nya seperti customer service, satpam, dan teller.


Owner MARTABAK REZQY (Paling Kanan) dan Saya (Tengah) sbg Tamu Kehormatan

4. Hadiah sbg Pemancing
     MARTABAK REZQY menyediakan hadiah berupa martabak gratis  setiap minggunya) bagi pemenang foto terbaik, baik selfie maupun wefie bersama bagi siapa saja yg selfie n wefie bersama MARTABAK REZQY. Foto pemenang akn diposting di akun IG @martabakrezqy . Info tsb tertera di dus MARTABAK REZQY yg bernuansa warna biru tim Chelsea hehe... Kagok tinggal satu biru lg yg blm, yaitu biru Persib ;)

Pengemasan Sudah Ok, tp Maaf, Ada Typo (Salah Ketik): Tulisan Martabat. Luar Biasa jika Foto yg Terbaik akn Mendapatkan Martabat secara Gratis, Berarti Awlnya hny Rakyat Biasa pas jd Pemenang Foto tsb  Pulangnya Lgsg jd Raja hehe..
      Diupdate 28 April 2018: Kemasan baru (bbrp bln trkhr ini) dgn nuansa warna kuning yg senada dgn warna martabak manis, cenderung simpel n to the point, lngkp dgn alamat n nomor wa MARTABAK REZQY. Tp logonya berubah dari foto REZKY, anak kang Miftah, menjadi seorang koki pria gembul, entah siapa itu hehe...
Kemasan Baru Cenderung Simpel & to the Point
     Scr keseluruhan saya puas dengan kualitas makanan dan layanan MARTABAK REZQY. Kalau ada yang kurang/saran:
1. Mungkin perlu membuat martabak manis tipis seperti foto kedua dari atas, yang tentunya membutuhkan keahlian n loyang khusus
2. Topping untuk martabak manis ditambah, misal ada sayuran dan buah segar (selain pisang) seperti strawberry, nanas, blueberry, dan sebagainya, cocok buat yang perlu makanan sehat. Sedangkan topping martabak asin perlu ada tambahan juga, misal ada varian untuk martabak vegetarian, jamur, ikan tuna, salmon, serta martabak utk yang sedang diet
2. Perlu juga dimasukkan bahan makanan khas Cimahi agar menjadi identitas kota juga (bingung kalau makanan khas Cimahi naon nya, seperti tenggelam oleh makanan khas Bandung hehe...)
3. Lahan parkir masih terbatas, khususnya buat yg bermobil, perlu disediakan lahan parkir yang lebih memadai, misal menyewa tempat lain yang tidak terpakai saat malam hari atau lebih ekstrem bikin basement sendiri hehe..
4. Perlu ada tanaman dan pepohonsn kecil di depan MARTABAK REZQY untuk meminimalisir kesan gersang dan mendatangkan aura yg sejuk, nengingat letaknya dkt dari jalan Leuwigajah/Mahar Martanegara. Banyak lalu lalang kendaraan besar yg membuat sekitarnya berdebu dan bising, sehingga harus direduksi dengan keberadaan pepohonan tersebut.
5. Perlu ada website-nya juga sebagai identitas bhw MARTABAK REZQY semakin eksis serta menyasar konsumen generasi milenial yang smkn melek teknologi. Apalagi thn 2018 (menurut bnyk pengamat) ekonomi digital akan semakin merajalela.
    Tapi intinya sy yakin, utk kuliner se-Cimahi n Bandung Raya (Bdg Barat, Soreang, Padalarang, n sktrnya) dgn rasa yg mantap, halal, layanan baik, punya toko mandiri yang bersih dan higienis (bukan PKL), serta harga paling terjangkau dibanding kompetitor. Akhir kata, MARTABAK REZQY adalah pilihan yg tepat dan bisa membuat martabak naik kasta, serta...recommended pisan lah ✓
      Silakan mampir juga ke blog saya yang kedua (tentang kesehatan & kemanusiaan, full text english) dan ketiga (tentang masalah & solusi kelistrikan). Semoga bermanfaat. Terima kasih. Berikut link-nya:
Blog 2: healthyhumanityvicagi.blogspot.com
Blog 3: listrikvic.blogspot.com


  



7 comments:

  1. Mantap. Nuhun pisan sdh berkunjung ke blog sy

    ReplyDelete
  2. Aku suka semua, mau martabak manis atau martabak telur, masuk perut hihihi :) Plusnya martabak telur itu bisa dinimkati buat makan sekalian pake nasi. Sementara yang manis cuma buat camilan. Cabe rawitnya yang banyak yaaa.

    ReplyDelete
  3. Setuju, yg martabak asin lbh pas dgn nasi, smntr yg manis sbg cemilan sj. Bhkn dimakan besoknya dingin2 lgsflgsg kulkas pun tetap enak. Tapi, hati2, ini trmsk kuliner yg kalorinya gede, munculnya pas malam lg, tdk dianjurkan utk dikonsumsi di atas jam 20 hehe... Htr nuhun sdh mampir k blog sy

    ReplyDelete
  4. wah bagus juga ya inovasinya, jadi bisa menggunggah selera para penyuka martabak , karena makin enak dan gurih martabaknya dan tampilannya juga keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx mas. Memang inovasi sudah 1 paket: pengemasan yang bagus, cetakan martabak yang ok, rasa yang mantap & harga yang terjangkau. Ga perlu lah martabak yang premium/mewah hehe.. Semoga semakin disukai

      Delete

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)😇
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜

Disrupsi Digital dan Inovasi Era Kenormalan Baru

Disrupsi Digital Pandemi Covid-19 yang terjadi berbulan-bulan dan menimpa hampir seluruh negara di dunia membuat kacau kondisi ekonomi se...