All about Innovation💡, Law⚖️, Management📝, & Soccer⚽: Inovasi Digital BRI untuk Indonesia

IWA

Rabu, 27 Desember 2023

Inovasi Digital BRI untuk Indonesia

Disrupsi digital (perubahan besar-besaran menyesuaikan kebutuhan zaman akibat hadirnya teknologi digital) juga merambah sektor industri perbankan. Hal ini mendorong PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), salah satu bank milik pemerintah (Badan Usaha Milik Negara) terbesar di Indonesia, melakukan transformasi digital untuk menjawab tantangan zaman agar memberi makna untuk Indonesia. Adapun transformasi digital yang dimaksud meliputi: 

A. Layanan dan digitalisasi BRI untuk masyarakat

B. Usia BRI yang mencapai 128 tahun semakin tumbuh hebat dan kuat

C. BRI sebagai ESG (Enviroment, Social, and Governance Corporate) Initiative di Indonesia

D. BRI memberdayakan Ultra Mikro dan UMKM Indonesia

E. Leadership & Transformation BRI.


Artikel ini akan lebih difokuskan ke poin A, yaitu layanan dan digitalisasi BRI untuk masyarakat🙏.


A. Layanan dan Digitalisasi BRI untuk Masyarakat 

BRI terus meningkatkan layanan dan melakukan transformasi digitalisasi untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya digitalisasi BRI memudahkan nasabah untuk mendapatkan layanan yang lebih baik dan cepat.


Sampai bulan Juni 2023, BRI memiliki 7980 outlet yang tersebar di hampir seluruh Indonesia. Itupun jumlahnya sudah berkurang karena ada outlet yang ditutup akibat pengaruh teknologi digital dan perkembangan zaman dengan memperhatikan karakteristik nasabahnya. Sementara, ada outlet yang mulai menganut teknologi self-service yang memungkinkan nasabah bisa memanfaatkan layanan BRI melalui teknologi digital seperti BRImo tanpa harus ketergantungan terhadap karyawan BRI. Tak heran BRI memiliki outlet sebanyak itu, mengingat jumlah nasabahnya pun termasuk yang terbanyak di Indonesia, menjangkau sampai pelosok daerah. Tercatat sampai bulan Agustus 2023, jumlah nasabah BRI mencapai 150 juta.


1. Aplikasi BRImo

Saya sebagai nasabah setia BRI (BritAma) merasa dimudahkan dengan layanan digital perbankan lewat aplikasi BRI Mobile (BRImo) tanpa harus datang ke bank. Bahkan dari aplikasi tersebut, kita bisa mengambil uang ke ATM BRI terdekat tanpa harus membawa kartu ATM. Sementara, keamanan akun cukup kuat mengingat ketika aplikasi tidak digunakan, maka seketika langsung logout sendiri dan ketika ingin membuka aplikasi harus login ulang menggunakan username dan password. Di samping itu, value lain dari aplikasi BRImo:

a. Dapat melakukan transaksi perbankan secara online tanpa harus datang ke bank

b. Cukup praktis membayar tagihan-tagihan, mulai dari air, BPJS, listrik, internet, dan masih banyak lagi

c. Bisa berdonasi dengan banyak pilihan saluran

d. Bisa transfer uang baik antar rekening BRI, maupun ke bank lain

e. Top up pulsa

f. Cek saldo dan mutasi rekening

g. Terhubung dengan akun GoPay 

h. Banyak diskon dan promo yang tidak didapatkan jika lewat saluran lain.


BRImo mampu menjadi mobile banking yang paling banyak diunduh dan mendapat ulasan positif. Di App Store, mobile banking besutan BRI tersebut mendapat rating 4,7 serta mendapat sekitar 123.000 positif ulasan. Di Google Play Store, BRImo mendapat rating 4,5 dan mendapat 1,1 juta positif ulasan.


2. Social Values

Berbicara mengenai transformasi digital BRI untuk masyarakat, maka secara otomatis membahas sisi social values nya. Banyak masyarakat yang ingin menambah penghasilan sekaligus terlibat menjadi agen perubahan BRI seperti agen BRILink, merupakan perluasan layanan perbankan tanpa kantor yang diinisiasi oleh BRI dan melibatkan masyarakat tentunya. Hal ini memudahkan warga sekitar untuk membayar tagihan ini itu, isi pulsa, top up BRIZZI, transfer, sampai setor dan tarik tunai. Tentunya ada syarat khusus bagi masyarakat yang ingin menjadi agen BRILink, seperti Warga Negara Indonesia (WNI) perseorangan maupun instansi non berbadan hukum, memiliki usaha minimal 2 tahun, memiliki surat keterangan usaha, sampai menyetor uang jaminan Rp.3000.000. 


Hingga September 2023, berdasarkan dari dari BRI, bisnis AgenBRILink tercatat terus meningkat. Jumlah agen telah mencapai lebih dari 698 ribu agen dengan total nilai transaksi yang meningkat 20,77 persen menjadi sebesar Rp1.163 triliun.


Di samping itu, ada juga penerapan ESG (Enviroment, Social, and Governance Corporate), dengan memberikan inisiatif seperti green financing, pemberdayaan masyarakat, BRI Menanam, dan lain sebagainya. BRI berkomitmen juga untuk memperhatikan lingkungan sekitar dengan memberdayakan masyarakat setempat.

Infografis Value BRI 

3. Edukasi dan sosialisasi 

Transformasi digital yang dilakukan BRI harus dirasakan masyarakat, termasuk pedagang. Mereka, terutama pedagang kecil yang awam teknologi, harus sering diedukasi soal teknologi digital tersebut agar pedagang semakin bisa bersaing dan juga beradaptasi terhadap layanan BRI. Salah satu langkah yang dilakukan BRI adalah melakukan sosialisasi teknologi digital ke pasar-pasar. Dengan demikian, BRI bisa menjadi pahlawan bagi UMKM, terutama yang masih awam teknologi digital. Sementara, UMKM yang baik bisa menjadi salah satu indikator meningkatnya perekonomian nasional.

Judul YouTube: Edukasi dan Literasi Digital Pedagang Pasar Bandung 
Sumber: YouTube resmi BRI


4. Pemerataan transformasi digital

Pengadaan transaksi secara elektronik akan terus meningkat terutama di kota-kota besar dan diharapkan akan merata sampai daerah kecil. Untuk sementara, di daerah kecil masih belum bisa diterapkan teknologi self-service dengan alasan keterbatasan teknologi, Sumber Daya Manusia (SDM), sampai segmentasi yang berbeda tentunya. Saya berharap ke depannya tidak ada lagi antrean Customer Service (CS) yang terlalu lama dengan kuota terbatas, terutama di bank cabang kota kecil hehe... Biasanya antrean CS untuk satu nasabah bisa lebih dari 20 menit. 


Saya sendiri pernah datang ke CS BRI cabang Baros, Cimahi, hari Jumat jam 8 pagi, dapat antrean nomor 10 (kuota terakhir), untuk mengganti kartu ATM yang hampir kedaluwarsa. Saya mengira antrean per nasabah maksimal 20 menit dengan CS hanya dilayani 1 orang, jadi menunggu 9 nasabah ya sekitar 180 menit atau 3 jam. Ternyata prediksi meleset, saya baru bisa dilayani setelah Jumatan. Jelas sangat mengecewakan walau mengganti kartu ATM di bawah 20 menit tuntas. Semoga ke depannya CS harus ditambah (di Kota Bandung saja bisa 4 CS), kuota ditambah, dan semuanya harus dipermudah serta dipercepat dengan teknologi digital.


5. Penghargaan dari ICAII untuk karyawan inovatif

Bukti dari progres transformasi digital BRI adalah mendapatkan penghargaan dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2023 untuk kategori sustainability, bank dengan transformasi digital terbaik. ICAII sendiri merupakan ajang penganugerahan dan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan inisiatif inovasi yang unggul, dalam arti berdampak luas, berkelanjutan, dan memiliki kebaruan tinggi.


Apresiasi ini didedikasikan bagi seluruh insan BRILian (karyawan BRI) yang terus berkomitmen melakukan inovasi dan menerapkan strategi digitalisasi untuk mencapai visi BRI sebagai The Most Valuable Banking Group in South East Asia & Champion of Financial Inclusion pada tahun 2025.


BRI terus berkomitmen untuk melanjutkan transformasi digital dan melakukan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, perusahaan, dan perekonomian Indonesia.


6. Umpan balik dari nasabah BRI

Bagaimana dengan nasabah? Apakah bisa memberikan penilaian terhadap kinerja dan transformasi digital BRI? Nasabah BRI pun bisa berperan serta memberikan kritik, saran, maupun umpan balik terhadap layanan BRI lewat:

a. Customer Service BRI 

b. Nomor telepon 4017 atau (021) 1500017

c. WhatsApp BRI: 08121214017

d. Email: callbri@bri.co.id    

e. Media sosial resmi BRI (@BankBRI_ID) yang sudah terverifikasi/centang biru.


Saya sendiri pernah mencoba layanan tersebut lewat media sosial resmi Instagram BRI. Jadi, mulanya saya tertarik ikut kuis BRI di akun resmi Instagram BRI. Ketika saya sudah ikut kuis BRI dan follow akun Instagram resmi BRI, sehari kemudian muncul beberapa akun yang mengaku mengatasnamakan BRI, lalu follow akun Instagram saya, dan memberitahu bahwa saya pemenangnya, serta memberikan syarat klaimnya. Saya agak curiga langsung DM akun Instagram resmi beserta bukti yang mendukung. Tidak sampai 15 menit langsung direspons bahwa beberapa akun yang mencurigakan adalah palsu senua dan sebaiknya diblokir. Pengumuman pemenang hanya di akun resmi Instagram BRI. Saya cukup puas karena keluhan saya langsung direspons positif. Ini juga bukti bahwa transformasi digital BRI berjalan dengan baik, diantaranya dengan tetap komunikatif walau secara online.


B. 128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat

Tidak terasa, BRI menjadi bank milik pemerintah tertua di Indonesia dan berusia 128 tahun. Sejak tahun 1895, BRI terus melayani dengan setulus hati memberikan pemberdayaan kepada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk terus tumbuh menjadi hebat dan kuat. Sampai bulan Juni 2023, BRI memiliki 7980 outlet yang tersebar di hampir seluruh Indonesia.


Fokus BRI tidak sebatas nasabah pribadi, tetapi juga sektor usaha, terutama UMKM dengan pemberian pinjaman modal awal membangun usaha maupun modal tambahan untuk mengembangkan usaha. Banyak masyarakat kecil yang terbantu dengan bantuan pinjaman modal usaha ini, mengingat pengembaliannya yang juga realistis.


C. BRI sebagai ESG Initiative di Indonesia 

BRI sebagai bank yang berkomitmen dalam melaksanakan ESG (Enviroment, Social, and Governance Corporate) di Indonesia terus memberikan inisiatif seperti green financing, pemberdayaan masyarakat, BRI Menanam, dan lain sebagainya. BRI berkontribusi tidak hanya terhadap perekonomian Indonesia, tetapi juga ikut menjaga alam dan lingkungan sekitar.


D. BRI Memberdayakan Ultra Mikro dan UMKM Indonesia 

BRI menjadi induk bagi ekosistem bisnis ultra mikro bersama Pegadaian dan PNM terus melakukan pemberdayaan kepada segmen ultra mikro dan UMKM di Indonesia, dengan lebih dari 35 juta nasabah yang sebelumnya unbankable menjadi berkembang. Bisa dikatakan BRI menjadi pahlawan UMKM, terutama untuk mendapatkan pinjaman modal usaha yang tidak memberatkan.


Upaya awal untuk mewujudkan hal tersebut sudah dilakukan BRI dengan membentuk Holding Ultramikro (UMi) tahun 2021 dan diprediksi akan menggapai sekitar 45 juta nasabah UMi BRI tahun 2024.


E. Leadership & Transformation BRI

BRI terus melakukan transformasi khususnya pada culture dan digital untuk menjadi bank yang memimpin dengan laba terbesar di Indonesia.

Menurut Direktur Utama (Dirut) BRI, Sunarso, transformasi tersebut diimplementasikan lewat budaya perusahaan akhlak dalam pola pikir, pola sikap, pola tindak dan bahkan pola sarana (infrastruktur dan sistem yang diperlukan untuk membangun budaya perusahaan. Budaya adalah produk kolektif, tidak bisa dibeli, maka juga jangan dijadikan komoditi yang diperjualbelikan. Sementara budaya perusahaan merupakan bagian dari strategi perusahaan.


Sharing dari top leader BRI kepada BRILian menjadi agenda wajib agar menjadi panutan BRILian. Di samping itu, penghargaan seperti BRI Exellence Award untuk insan BRILian rutin diselenggarakan mengapresiasi BRILian dengan kinerja terbaik dan diharapkan mampu mempertahankan kinerjanya, bahkan meningkatkan kinerjanya secara konsisten.


Kesimpulan 

Melihat transformasi digital yang dilakukan oleh BRI, sudah selayaknyalah BRI menjadi salah satu bank milik pemerintah terbaik di Indonesia yang selalu berupaya menyesuaikan diri terhadap tantangan zaman dan kebutuhan para pemangku kepentingan (stakeholder), tidak terbatas nasabah semata. Namun, tetap kepentingan dan aspirasi nasabah menjadi prioritas karena bagaimanapun nasabah itu adalah wakil dari masyarakat luas. Sebagai contoh, keluhan nasabah tentang CS BRI cabang di kota kecil yang antreannya terlalu lama dengan kuota yang dibatasi harus diatasi dan dipermudah dengan teknologi digital. Sementara itu, upaya untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas dilakukan BRI dengan melakukan kemitraan terhadap pelaku UMKM dan para pegiat lingkungan. Di sisi lain, hak, kewajiban, dan tanggung jawab para investor BRI (shareholder) juga tetap diperhatikan.


Semua aspirasi dan kepentingan, baik dari stakeholder maupun shareholder harus diperhatikan agar keseimbangan perusahaan terjaga, tetap eksis, dan terutama transformasi digital BRI bisa berjalan dengan baik serta bisa dirasakan, baik oleh internal (insan BRILian dan investor) maupun eksternal perusahaan (nasabah dan masyarakat). 


Artikel ini ditutup dengan kutipan dari dirut BRI, Sunarso, bahwa menghadapi era digitalisasi, BRI menganut strategi hibrida, yaitu tidak melulu digital, tapi tidak juga melulu konvensional. Semuanya masih dilakukan, dengan menganalisis segmentasi masyarakat, fasilitas, dan kemampuan SDM BRI setempat, yang tentunya berbeda antara kota besar dan kota kecil.


69 komentar:

  1. Luar biasa ya BRI sudah setua itu hehe.. Tapi walaupun tua sudah tingkat suhu ini, menjadi bank pemerintah terdepan dan inovatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Mungkin salah satu yang tertua di Indonesia tapi juga menjadi leader untuk bank pemerintah

      Hapus
  2. Lengkap artikelnya kini dilengkapi video YouTube nya juga. Tanda BRI semakin sukses adalah semakin banyak cabangnya, menguasai teknologi digital, dan cepat beradaptasi terhadap perubahan zaman. Sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul karena permintaan harus seperti itu hehe... BRI sebagai dianggap bank yang mampu menjangkau masyarakat kecil di daerah-daerah. Untuk itu wajar memiliki banyak cabang

      Hapus
  3. Isso facilita em muito a vida das pessoas, mas também pode vir, no futuro, a dar-lhes cabo da vida.

    BalasHapus
  4. Muy interesante. Te mando un beso.

    BalasHapus
  5. Selamat ulang tahun BRI yang ke 128. Semoga semakin hebat dan kuat. Kini beli pulsa jadi cepat dan mudah dengan aplikasi BRImo.

    BalasHapus
  6. wahhhh dah berusia 128 tahun? maknanya BRI telah wujud sejak zaman Belanda lagi. hebatttt👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Bank legend ini sudah ada sejak zaman penjajahan

      Hapus
    2. hebattt...

      BTW bank ini ada buka branch di Belanda?

      Hapus
    3. Tidak. Info terbaru, BRI hanya memiliki cabang di AS, SIngapura, dan Kepualauan Cayman

      Hapus
  7. Wowww udah 128 tahun aja BRI yaaa dengan berkembangnya digital BRI juga ikut bertransformasi memudahkan transaksi digital.

    Jangankan pengumuman pemenang kak, kapan lalu aku follow akun BRI resmi langsung ramai DM masuk dan follow dari akun yang mengatasnamakan BRI. Harus lebih hati2 lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik soal kuis Instagram BRI, selalu mengundang perhatian penipu untuk melancarkan aksinya. Waspada juga terhadap tautan palsu. Karena selalu saja ada yang tertipu

      Hapus
  8. Di kecamatan tempat aku tinggal cuma ada bank BRI dan bank simpan pinjam lokal. Pelayanan nya bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus BRI sudah menjangkau kecamatan. Tentunya penerapan teknologi digital belum sebaik di kota besar

      Hapus
  9. Mudah mudahan ke depannya BRI semakin baik dalam hal pelayanan ya Pak Vicky, aku sendiri ga pake BRI. dan Masalah keuangan aku ga pegang sama sekali karena yang handle finansial semuanya adalah suamiku hehe 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapan yang sama. Jika ada bisnis atau pekerjaan sendiri baiknya dipisah juga rekeningnya hehe... tentunya dengan tanggung jawab masing-masing. Sementara yang tanggung jawab bersama digabungkan

      Hapus
  10. Erstaunt mich sehr, vieles davon wusste ich nicht. LG Romy

    BalasHapus
  11. Kebayang sih kalo di kota kecil atau di desa2 yang masih konvensional, antriannya banyak.. harusnya bisa memanfaatkan gen milenial untuk membantu transaksi perbankan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Masih ada kendala di desa-desa, seperti karakteristik nasabah yang belum melek teknologi, lalu fasilitas bank terbatas, dan SDM BRI pun belum siap

      Hapus
  12. Dari segi antrian BRI terkadang entah kenapa jadi sesuatu yang geregatan rasanya pengen bantuin biar cepet selesai.
    Semoga bisa dipadukan dengan teknologi digital, biar ceept wat wet tanpa diribetkan dengan antri panjang. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau BRI cabang di kota kecil, CS cuma satu tapi harus melayani kepentingan nasabah yang kompleks

      Hapus
  13. Ingat Brimo, ingat Noah. He-he. By the way, BRIlink itu sangat memudahkan bagi orang yang belum terbiasa bertransaksi perbankan melalui ATM, terutama orang tua. Saya juga kerap menyambanginya kalau sedang mendadak ada keperluan. Karena jaraknya dari rumah lebih dekat di banding ATM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noah duta BRImo hehe... Kalau konser pasti sponsornya BRImo. Sekarang transaksi termudahkan dengan BRImo ini, tidak harus ke ATM apalagi ke bank

      Hapus
  14. BRI jadi bank dengan cabang terbanyak di seluruh Indonesia bahkan tingkat kecamatan ada cabangnya juga. Tentu saja didukung dengan berbagai layanan perbankan yang prima ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Perlahan layanan digital mulai diterapkan secara merata

      Hapus
  15. Sebagai pengguna BRI saya juga bangga jika BRI mendapatkan penghargaan sebagai bank transformasi digital dengan kategori sustainability, selama ini memang kehadiran BRI mobilenya sangat membantu saya dalam melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. BRI bisa dikatakan menjadi contoh atau leader penerapan teknologi digital bagi bank pemerintah lainnya

      Hapus
  16. BRI keren banget deh, walau usianya sudah 128 tahun tapi tetap berinovasi terus berkembang untuk melayani semua lapisan masyarakat di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, semakin tua semakin inovatif dan menjangkau masyarakat luas

      Hapus
  17. Thank you for sharing
    You can check out my new post.
    Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're very welcome. Ok, I would support your blog

      Hapus
  18. Muy interesante. Te mando un beso.

    BalasHapus
  19. BRI memang di hati banget sih. Jadi ingat sudah berapa puluh tahun orang tua saya jadi nasabah di BRI. Terus saya juga menggunakan BRImo untuk kemudahan transaksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap. setahu saya BRImo menjadi salah satu aplikasi perbankan yang paling banyak usernya

      Hapus
  20. Sayangnya saya blm jd nasabah BRI mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setidaknya ada info mungkin tertarik nantinya menjadi nasabah BRI ke depannya hehe...

      Hapus
  21. I appreciate this revealing report for me, dear friend!

    BalasHapus
  22. 128 tahun usia bank BRI, wow tua amat ya, berarti sebelum Indonesia merdeka bahkan sebelum adanya gerakan Budi Utomo.

    Memang bank harus hibrida, bisa layanan digital untuk generasi muda, juga konvensional untuk generasi lama yang gaptek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Semuanya disesuaikan dengan kondisi di sekitarnya

      Hapus
  23. sekarang memang perbankan harus go digital
    sudah harus mengikuti perkembangan jaman
    karena kalau tidak bakal kalah dengan yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Bahkan persaingan teknologi digital antar bank pasti terjadi

      Hapus
  24. The progress of technology is amazing in the last years and therefore is natural that everyone wants to use it. The fact that banks use it is assuring because it reduces the possibility of errors and stalls. I have never heared before about this bank BRI, but I looks like a cutting edge and secure bank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, BRI is the largest government bank only in Indonesia. Digital technology is the most important for support conventional service. Thx for your opinion

      Hapus
    2. FYI BRI Branch in foreign countries only in SIngapore, United States, & Cayman Island

      Hapus
  25. sudah lama tidak berhubungan dengan menabung di BANK besar

    BalasHapus
  26. sounds cool great sharing
    https://retromaggie.blogspot.com/

    BalasHapus
  27. Great information for everybody.
    Great success.

    BalasHapus
  28. Olá!

    Que seu Ano Novo venha repleto de bençãos e felicidades.
    Tenha sempre luz em seu caminhar
    abraços Loiva

    BalasHapus
    Balasan
    1. as mesmas orações e esperanças para você também

      Hapus
  29. Olá!

    As inovações digitais estão invadindo mais e mais nosso dia a dia.
    Tenha uma semana repleta de muita luz
    abraços Loiva

    BalasHapus
  30. Aku ga pake sih BRI, tapi dulu papa pas masih awal2 buka bakery, papa pinjam modal utk ruko kedua dari BRI ini. Memang sangat membantu utk Orang2 yg mau mulai membuka usaha, Krn prosesnya gampang dan cepat . Sekarang sih udah selesai, tapi rekening utama bakery kalo ga salah akhirnya pakai BRI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Kemudahan melakukan pinjaman berikut pengembaliannya

      Hapus

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)😇
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜

Timnas Indonesia U-23 Menorehkan Sejarah Baru di Piala Asia U-23 2024

Tim nasional (timnas) sepak bola putra Indonesia level kelompok umur under 23 years old (U-23) berhasil menciptakan sejarah baru di Piala As...