All about Innovation💡, Law⚖️, Management📝, & Soccer⚽: 7 Tips Berburu Second Branded Melalui Pembayaran yang Inovatif

IWA

Sabtu, 30 September 2023

7 Tips Berburu Second Branded Melalui Pembayaran yang Inovatif

Teknologi digital kini semakin canggih dan merambah ke sistem pembayaran yang disukai generasi muda. Pembelian secara online dan tatap muka tetap membutuhkan beragam sistem pembayaran digital. Program sistem pembayaran non-tunai ini semakin didukung oleh pemerintah yang ingin mengurangi ketergantungan sistem pembayaran tunai menggunakan uang kertas dan logam.


A. Inovasi Sistem Pembayaran Digital:

1. Menggunakan kode QR (Quick Response)

- Standar kode QR tiap negara berbeda, terutama dalam hal penamaan

-Di Indonesia sendiri nama kode QR adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)

-Tentunya QRIS ini merupakan bagian dari GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)



2. Pembayaran tanpa tatap muka
- Sekarang pembayaran bisa dilakukan melalui HP yang sudah terpasang aplikasi sistem pembayaran non-tunai yang diinginkan, kartu debit, kredit, sampai e-money 


3. Open Application Programming Interfaces (API)

- Jadi penyedia layanan sistem pembayaran digital ini wajib menghubungkan aplikasi dengan web

- Memudahkan pengguna untuk tidak terpaku pada aplikasi yang mungkin saja bisa mengalami gangguan 


4. Pembayaran biometrik

- Pembayaran biometrik dilakukan melalui bukti sidik jari, pola retina, dan sebagainya

- Biometrik diperlukan untuk memperkuat sistem keamanan mengingat bukti sidik jari, pola retina, dan sebagainya sangat sulit untuk dipalsukan

- Biometrik menjadi alternatif jika pengguna lupa kata sandi.


B. Berburu Second Branded 

Salah satu pengalaman menyenangkan bagi sebagian besar orang adalah berburu barang second branded. Tentu, alasan utamanya karena bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Namun, bagi seorang pemula tentu harus berhati-hati agar tidak tertipu oleh seller yang tidak amanah. 

Kini berburu barang second branded juga jauh lebih mudah menggunakan metode pembayaran cashless, seperti QRIS Gopay. Kamu akan jauh lebih leluasa untuk berburu barang second branded. Pasalnya, pembayaran QRIS menawarkan transaksi keuangan yang lebih mudah dan praktis. Lantas, bagaimanakah tips berburu barang second branded berkualitas?

Sumber: https://www.pexels.com/photo/women-looking-at-the-clothes-in-the-wooden-box-6069528/

C. 7 Tips Berburu Barang Second Branded 

Fenomena berburu barang second branded kini bukan lagi menjadi hal yang tabu. Bahkan, thrifting ini sudah menjalar ke berbagai kalangan. Untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang murah tentu kamu harus memiliki strategi yang jitu. Inilah tips berburu barang second branded yang bisa kamu terapkan.

1. Susun Rencana

Hal pertama yang harus kamu lakukan yakni buatlah rencana barang apa saja yang akan dibeli. Pastikan barang tersebut belum kamu miliki, sehingga ini akan meminimalisir kepemilikan barang serupa. Selain itu, ini juga bertujuan agar dana yang dibutuhkan tidak membengkak.  


Kamu bisa mencatatnya di smartphone dan sertakan juga gambar barang yang kamu maksud. Dengan demikian penjual akan jauh lebih mudah untuk mencarikan barang sesuai keinginanmu


2. Tentukan Budget

Sebelum mengunjungi tempat thrifting sebaiknya tentukan anggaran terlebih dahulu. Ini merupakan salah satu cara agar pengeluaran tidak membengkak. Pastikan kamu membuat anggaran dengan cermat apa yang akan dibeli dan dibutuhkan. Dengan demikian, keuanganmu tidak memburuk setelah thrifting


3. Cari Toko Konsinyasi

Tips selanjutnya yakni kamu bisa memilih toko konsinyasi, ini merupakan toko yang tidak hanya menjual barang second branded akan tetapi juga menerima barang yang dijual orang lain. Ini bisa jadi salah satu strategi untuk menambah pundi-pundi rupiah dan kemudian membelanjakannya kembali. Sehingga, barang lama tidak memenuhi rumah dan terisikan oleh koleksi baru.


4. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Jika kamu sedang berburu pakaian second branded, maka sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman. Pasalnya, rata-rata toko thrifting tidak menyediakan kamar ganti. Oleh karena itu, gunakan pakaian yang simple sehingga mudah untuk mencoba pakaian yang akan kamu beli.


Kamu bisa menggunakan bawahan legging ataupun atasan kaos. Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa mencobanya sebelum membeli. Pastikan ukurannya pas di badanmu sehingga uang yang keluar tidak akan sia-sia.


Selain itu, thrifting juga memakan waktu yang lama terlebih jika ada banyak pilihan beragam, pasti kamu tidak akan melewatkannya, bukan? Maka, gunakan pakaian yang nyaman dan simpel agar bisa bergerak lebih leluasa.


5. Kuasai Strategi Memindai Lorong

Menyisir semua stand tentu membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang cukup besar. Maka dari itu, Anda perlu menguasai strategi memindai agar waktu efektif tetapi juga tidak kehilangan barang branded impian. Caranya yakni dengan melihat berdasarkan kelompok jenis, harga dan warna. Kamu bisa memilih sesuai kategori berdasarkan kebutuhan. Ini akan jauh lebih efektif daripada harus mengunjungi semua stand.


6. Bangun Interaksi Baik dengan Seller

Setelah menemukan barang second branded yang kamu impikan, Langkah selanjutnya yakni mulailah membangun komunikasi yang baik dengan seller. Ini tentu akan membawa keuntungan bagi kamu, seperti bisa mengetahui kapan barang dagangan baru datang, produknya apa saja, dan tentunya kamu bisa menjadi pembeli pertama yang lebih leluasa untuk memilih. 


7. Gunakan Sistem Pembayaran Cashless

Umumnya, toko barang second branded tidak menerima pengembalian uang maka pastikan kamu menggunakan sistem pembayaran yang pas dan mudah. Kamu bisa menggunakan sistem pembayaran cashless, seperti QRIS Gopay. Dengan pembayaran QRIS kamu akan jauh lebih mudah membayar sesuai nominal harganya. 


Selain itu, pembayaran ini juga jauh lebih aman karena kamu tidak harus membawa banyak uang saat berada di keramaian. Pembayaran juga jauh lebih praktis dan kamu tidak harus mengantri menunggu kembalian. Sangat efektif, bukan?

Sumber: https://www.pexels.com/photo/assorted-clothes-hanged-on-a-clothes-rack-6068952/

D. Berburu Second Branded dengan QRIS GoPay 

Berburu “harta karun” second branded berkualitas adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus menantang. Pasalnya, kamu akan berlomba mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang murah. Oleh karena itu, pastikan menguasai strategi yang baik agar barang impianmu berada di genggaman.

Salah satunya, kamu bisa menggunakan metode pembayaran cashless melalui QRIS Gopay agar pembayaran jauh lebih praktis dan mudah. Dengan pembayaran ini kamu juga jauh lebih aman karena tidak membawa uang cash dalam jumlah banyak. Kelebihan QRIS juga lebih efektif dari segi waktu dan bisa membayar dengan nominal yang pas sesuai harga. 

Nah, jika kamu kehabisan saldo QRIS Gopay, sangat direkomendasikan untuk top up menggunakan bank digital terbaik, yaitu digibank by DBS. Ada beberapa kelebihan yang kamu dapatkan saat menjadi nasabah digibank by DBS yang memanfaatkan fitur QRIS di dalamnya, yaitu: 

Bayar sat set pakai digibank QRIS

Limit 10 juta/transaksi/hari

Nikmati promo menarik di merchant pilihan.


E. Digital Payment pada Digibank by DBS

- Digibank by DBS berkomitmen untuk menjadi salah satu bank dengan sistem pembayaran digital terbaik di Indonesia

- Ketika membuka rekening pun tidak perlu datang bank, cukup sediakan HP, kuota internet, dan bukti diri. Bahkan ada sistem biometrik juga

- Beberapa keuntungan lainnya adalah:

Having fun jadi lebih maksimal

Mau top up menggunakan GoPay dan lainnya terasa mudah dan dilakukan dimana saja


Masa depan jadi lebih aman

Tentunya dengan perencanaan investasi yang baik dapat menentukan tindakan selanjutnya. Investasi dapat dilakukan mulai dari Rp. 100 ribu


Semua aman dan mudah dalam satu genggaman 

Semua transaksi yang dilakukan cukup praktis dengan mengandalkan 1 aplikasi saja. Belum lagi banyak promo menarik yang tidak akan ada jika kita melakukan sistem pembayaran tunai


Nah, sudah jelas kan berbagai kemudahan dan inovasi dari digibank by DBS. Untuk info selengkapnya tentang digibank by DBS, silakan klik di sini



26 komentar:

  1. bukan barang-barang second branded sahaja, malah warong tepi jalan pun saya harap mereka guna QR code. seingat saya sudah lama saya tidak punyai wang tunai dalam purse. kalau duit syiling itu banyak laa...

    QR code banyak.menyenangkan urusan orang ramai. tapi saya bukanlah pemburu barangan branded. guna yang seadanya...😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Di Indonesia masih sulit diterapkan untuk warung kecil, apalagi QRIS ini ada biaya tambahan sebesar 0,3 persen yang dibebankan ke pedagang

      Hapus
  2. Terima kasih tipsnya. Berburu second branded kini semakin simpel dengan pembayaran digital

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Simpel dan jatuhnya jadi lebih murah juga biasanya banyak promo juga

      Hapus
  3. Boas dicas, mas ainda sou avessa a entrar nesses mundos.

    Bom mês de Outubro!

    BalasHapus
  4. Thank you =) Have a great new week

    Interesting post.

    BalasHapus
  5. Kalau lagi ke Kota Besar kayak Surabaya, saya sih happy ajah gk bawa uang tunai karena semua bisa bayar Cashless. Tapi kalau di desa, duh.... Gk ada yg mau terima non tunai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang pembayaran non tunai ini belum merata, terutama ke desa-desa. Kadang nyari ATM di desa-desa juga masih terbatas

      Hapus
  6. Wah ternyata berburu barang second branded juga ada tipsnya ya, biar barang yang sudah diincar bisa didapatkan. Iya sih bayar pake QRIS sekarang lebih mudah, ngak pusing harus bawa uang tunai, asalkan tersedia aplikasinya dan saldonya cukup untuk membayar barang tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, membeli sesuai kebutuhan dan pas di badan juga. Kadang bayar pake QRIS ini lebih murah ada promo atau cashback

      Hapus
  7. Saya suka hunting ke pasar secondhand. Yang paling penting sih lihat barangnya beneran asli apa g, terus lihat harganya masih wajar apa enggak, lalu lihat barangnya masih beneran bagus apa ada cacatnya. Kalau secondhand di Indonesia masih jaramg yang pake QRIS kacuali toko yang cukup besar.

    Tapi tunggu deh, ini second branded in yang dimasksud second hand gitu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Bisa juga sumbangan pakaian layak pakai, belum sempat dipakai, tapi bernilai tinggi

      Hapus
  8. Menggunakan uang non tunai tentu lebih mudah berbelanja barang sesuai keinginan, jadi gak pelu repot2 cari atm lagi buat bayar2. Sekarang sudah banyak toko pakaian atau fashion yg sudah melek sama uang digital kayak QRIS ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan biasanya mendapatkan promo atau cashback juga

      Hapus
  9. Saya merasa terbantu dengan beragamnya sistem pembayaran saat ini, termasuk dengan kemudahan belanja online. Soalnya saya orangnya sulit mobile jadi bisa melakukan banyak hal dari rumah itu sangat membantu. Dengan GoPay juga sekarang bisa beli macam2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap. Pembayaran non tunai secara digital membuat kita tidak harus bertemu langsung dengan penjual

      Hapus
  10. Second branded kalau bisa pintar milihnya bisa dapet seperti produk baru. Dengan pembayaran digital akan lebih murah jatuhnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Tentunya harus sabar dan cerdas memilih second branded

      Hapus
  11. Obrigada pela visita e comentário.
    Thank you for visiting and commenting.

    BalasHapus
  12. Aku suka thrifting tapi biasanya beli online dari toko yg udah jadi langganan . Ga pernah sih kalo harus beli dari toko thriftingnya. Takut mumet saking banyak pilihan mas 😂.

    Tapi metode pembayaran qris ini sangat membantu. Aku sendiri bisa dibilang udh jrg pegang tunai. Kalo bisa pake qris, ya qris aja. Gampang, tapi berarti hp memang ga boleh ditinggal 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang zaman serba digital dan praktis, bayar ini itu pake QRIS. Malah dapat promo daripada bayar cash

      Hapus

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)😇
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜

The Most Comfortable Shapewear Dresses at Popilush

If you are looking for the key to a lighter, more pleasant, productive day, it may be in comfort. The clothes you choose to make part of you...