All about Animals, Innovation, Law, Management, and Soccer: Kucing Kampung Peliharaan Saya Pemilih terhadap Makanan

IWA

Kucing Kampung Peliharaan Saya Pemilih terhadap Makanan

Salah satu kucing kampung jantan dewasa peliharaan saya  yang bernama Cowy (karena berwarna hitam putih seperti warna sapi/cow😜) memiliki kebiasaan buruk, yaitu pemilih terhadap makanan daging. Kebiasaan tersebut mulai terlihat ketika Cowy terbiasa diberi makanan basah khusus kucing merek Whiskas dalam setahun terakhir.
Sumber: Akun Ig Penulis & Survei Toluna

Ketika diberi Whiskas basah (kaleng), Cowy begitu lahap dan cepat menyantapnya. Namun, dalam kondisi yang sama diberi daging sate berbumbu misalnya, maka Cowy hanya mencium aroma dan dijilat sesaat lalu kabur begitu saja tanpa rasa bersalah seakan tidak menghargai si pemberinya hehe... Selera makan Cowy kalah dari kucing peliharaan saya yang lain, kucing kecil di sebelah rumah, bahkan tikus got yang mendapat durian runtuh untuk menghabiskan makanan yang tidak dimakan Cowy tersebut😱 . Uniknya, setelah Cowy kabur (dalam keadaan masih lapar tentunya), saya melihat Cowy malah makan rumput atau makan makanan basi di tempat sampah. Saya juga heran kenapa bisa seperti itu? Apa bentuk protes? Ternyata tidak. Kucing memakan rumput akibat tidak enak badan dan untuk membersihkan parasit. Bahkan beberapa diantaranya setelah makan rumput dimuntahkan kembali agar membuat kucing lebih baik. Intinya memang si kucing dalam keadaan mood yang kurang baik😾 (sumber: https://sains.kompas.com).


Setelah saya search di google, ternyata kasus kucing pemilih terhadap makanan lumrah terjadi, tidak hanya berlaku bagi kucing impor peliharaan (rumahan), tapi juga kucing kampung peliharaan. Saya sempat beranggapan itu hanya berlaku untuk kucing impor saja, ternyata tidak.

Beberapa faktor penyebab kucing menjadi pemilih terhadap makanan:
1. Kebiasaan makan mereka saat masih kecil/kitten terbawa hingga dewasa

2. Kebiasan kucing diberi makanan enak yang sama dalam waktu yang lama menyebabkan kucing tidak mau mencoba makanan yang baru

3. Kucing merasa tidak begitu lapar walaupun suka rewel dan mengeong. Kucing rumahan biasanya jarang bergerak sehingga makannya pun lebih sedikit daripada kucing yang senang bergerak

4. Aroma makanan basah tertentu saja (terutama aroma ikan dan makanan daging kalengan) yang sangat disukai kucing sehingga menggugah selera makan kucing. Bandingkan dengan aroma makanan kering kucing yang kurang mantap atau aroma bumbu rempah yang dianggap aneh sehingga hanya dimakan sedikit bahkan tidak dimakan sama sekali

5. Kucing sensitif terhadap bahan kimia berbahaya pada makanan, namun sistem pencernaannya kuat terhadap makanan basi misalnya, jelas lebih kuat dari sistem pencernaan manusia. Jika kucing lapar diberi sisa daging enak yang baru dikonsumsi manusia dan kucing menolak lalu kabur, jangan-jangan itu daging mengandung bahan kimia dan pengawet berbahaya😱.

Solusi:
1. Mengganti makanan kucing setiap sebulan sekali. Seperti si Cowy dibiasakan untuk tidak terus-menerus diberi makanan Whiskas basah dan kering, tapi juga diganti dengan makanan sejenis merek lain dan juga variasi makanan lain seperti sarden, daging ayam goreng, daging sapi, dan sebagainya. Khusus daging berbumbu, ada baiknya jika bumbunya dibersihkan terlebih dulu. Terkadang kucing suka mual terhadap bumbu tertentu. Kucing pun seperti manusia akan bosan jika diberi makanan dengan bumbu yang itu-itu saja

2. Kombinasikan makanan basah dan kering. Misal pagi makanan basah khusus kucing, siang makanan sisa manusia, dan malam malam makanan kering khusus kucing. Uniknya, Cowy senang juga senang makan roti tertentu😜

3. Kondisi tidak mau makan tidak melulu akibat bosan, bisa saja kucing kurang vitamin dan kurang gerak juga. Vitamin dapat dibeli di petshop mulai dari yang Rp. 20 ribuan sampai Rp. 200 ribu. Sama saja dengan manusia, ada yang sulit makan perlu suplemen penambah nafsu makan. Kecuali jika sudah diberi vitamin kucing tetap tidak mau makan dan terlihat lemas, memang harus diperiksa ke dokter hewan. Sedangkan faktor kurang gerak harus diantisipasi dengan sering diajak bermain oleh pemiliknya

4. Jangan memberi makanan yang mengandung bahan kimia dan pengawet berbahaya walau itu daging enak, kucing sudah pasti menolaknya
(Sumber: www.rajapetshop.com, www.farmbos.com, & www.fauna.id).

Demikian artikel saya, kucing pemilih terhadap makanan harus dicari akar masalahnya, apakah memang hanya akibat bosan, salah pola makan, atau kurang vitamin. Jika kucing tidak pemilih terhadap makanan, maka itu artinya memiliki nafsu makan yang baik dan kucing bisa dikatakan sehat. Tapi, bukan berarti karena tidak pemilih, kucing malah diberi sayuran, nasi uduk, tahu tempe, dan kue kering, ya mana mau😜.

Silakan mampir juga ke blog saya yang kedua (tentang kesehatan dan kemanusiaan, full text english) dan ketiga (tentang masalah dan solusi kelistrikan). Semoga bermanfaat. Terima kasih. Berikut link-nya:

71 comments:

  1. Kucing rumahan walaupun kucing lokal biasanya cenderung manja soal makanan, jadi memang pemiliknya harus tegas, dikombinasi daging ikan dengan nasi biar cepat kenyang. Bahkan, mainnya pun pilih-pilih, tidak level lagi kejar-kejaran dan nangkap tikus, bahkan malah takut sama tikus gede haha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, harus dibiasakan dengan variasi makanan. Soal tikus memang si kucing ini rutin dimandiin mungkin jijik kalau berurusan dengan tikus yang jorok & khawatir membawa penyakit hehe...Thx

      Delete
  2. wah, suatu ketika mau ngasih kucing tetangga sosis ah ...klo dia nolak, itu jangan-jangan pengawetnya berbahaya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi, makanan olahan berpengawet seperti sosis, nugget, bakso (banyak yang tidak asli) menyebabkan kucing tidak mau memakannya, karena kucing lebih sensitif walau sistem pencernaannya lebih kuat dari manusia (coba kasih makanan basi masih kuat). Thx sudah sharing

      Delete
  3. I had a cat a long time ago. He wasn't a picky eater as long as fishy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. A good cat, maybe it should be a variation of the fish. Thx

      Delete
  4. kalo kucing kampung makannya bisa bebas om kalo lagi lapar wkwkwk salam basah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idealnya gitu, kucing kampung tangguh namanya, tapi kalau dipelihara jadi rumahan sifat pemilih itu muncul. Thx

      Delete
  5. Dulu waktu di Purwokerto pernah sekali pelihara kucing kampung, tapi makannya gampang kok, ikan keranjang mentah dicampur nasi jadi kesukaannya, dikasih krupuk juga mau hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending seperti itu, sekalinya dikasih makanan khusus kucing seperti Whiskas jadi ada ketergantungan, jadi ga mau yang lain. Thx

      Delete
  6. Tuh liat wajah si cowy aja jutek gitu... Barangkali krn kebiasaan diksh makanan kalengan gitu jadinya manja si cowy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya fotogenik ini kucing, cuma kalau dikasih makan pilih2 dan pundungan, kabur begitu saja. Memang harus dipaksa makannya. Thx

      Delete
  7. itu kucingnya gak mirip mirip amat sama kucing kampung ya...apa karena kebiasaan makanan beli di mall itu ya he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaruh dimandiin juga seminggu sekali jadi memang ga keliatan kucing kampungnya hehe..

      Delete
  8. Puyeng juga ya melihara kucing. Begitu baca soal milih makanan, jadi mundur teratur buat pelihara kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi memang harus dilatih sejak kecil, biar gedenya ga pemilih makanan. Bisa ngebantu ngabisin sisa makanan, daripada disimpan di kulkas lalu ujung2nya dibuang. Thx

      Delete
  9. Kucing pun bisa memilih makanan memang kelihatan sih. Saya juga pernah melihat yang seperti itu, dikasih 2 pilihan makanan eh dianya malah milih yang lain 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah milih makanan sisa di tempat sampah. Sudah ga mikir takut diare atau harus rebutan dengan kucing jalanan hehe... Itu juga pernah dialami Cowy. Thx

      Delete
  10. Saya baru tahu, jika ada kucing yang makan rumput.
    Kalau kucing dirumah saya masih normal-normal saja makanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing melakukan itu untuk membersihkan parasit di dalam tubuhnya, mungkin kalau manusia program detoks alami lah hehe... Thx

      Delete
  11. Kucing saya makan nasi dan ikan. Ikan favoritnya adalah ikan teri. Gak doyan sayur. Sehat, bulunya gak panjang, tapi bersih dan bagus. Gak suka dipegang atau digendong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus itu, ga perlu makan mahal. Kalau ga suka dipegang, mungkin dulunya pernah trauma dipegang manusia lalu dipukul atau kecilnya liar, baru dipelihara saat liar tersebut. Thx

      Delete
  12. rata2 kucing kalau dirawat plus dimanjaiin, biasaya makan milih2 tu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah, biasanya jadi ga segarang kucing jalanan, sama tikus aja takut hehe..

      Delete
  13. Kucing emang sesekali makan rumput untuk memberesi pencernaannya.
    Kebetulan kami juga punya kucing jenis Persia. Makan yang kami berikan lebih yang kering dan kami beli di petshop, vitaminnya murah cukup fish oil, hehehe. Kucing itu merasa majikan kalau sama tuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak ikan bagus juga ya. Saya pernah baca psikologi kucing. Ketika sudah tidak bergantung pada induknya, kucing akan mencari tuannya untuk dipelihara dan menganggap tuannya seperti kucing besar yang melindungi. Tapi jika tidak beruntung, mereka akan survive di jalanan (kucing liar). Thx

      Delete
    2. Kebetulan kucing yang kami dapat hasil adopsi karena si pemilik awal ga sanggup piara, kebanyakan. Jadi, kami adopt dari kecil. Yagitu..manjanya minta ampun. Tapi, senangnya dia pintar. Paling deket sama Mama karena kami sibuk Mama yang mandiin dan kadang hobby ngelusin. Kalau sama Mama udah kaya cucu snediri. Dia pun cemburu dengan kehadiran kucing lain, makanya kami menolak saat dikasih kucing lagi. Vitamin kami kasih terutama saat musim flu begini, lucing ras dan rumahan ga setangguh kucing liar.

      Delete
    3. Ya, kalau dari kecil, bisa menjadi sangat dekat dengan manusia dan mudah dilatih juga, bahkan sampai induknya sendiri pun bisa dilupakan hehe.. Sebaiknya memang jangan banyak kucing, dua pun sudah cukup. Saya pernah liat kucing ras ada juga yang liar bahkan lebih galak dari kucing kampung, mungkin ditelantarkan oleh pemiliknya. Terima kasih atas kunjungan berulang ke blog ini. Semoga blogwalking terus berlanjut dan saling membantu agar blog bisa sukses bersama. Aamiin

      Delete
  14. Baru tau kalo kucing makan rumput utk detox atau memulihkan moodnya..

    Tapi saya perhatikan kucing yg lalu lalang depan rumah memang tidak terlalu suka ikan atau daaging berbumbu,.. Klo berbumbu biasanya cuman di ciumin aja dan ditinggal, tapi klo gak pake bumbu atau goreng biasa malah suka dan lahap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumbu rempah dianggap aneh bagi sebagian kucing, bahkan membuat hidungnya tidak peka & menganggap itu bukan daging. Risiko kucing pemilih makanan ya badannya kurus kering seperti kurang terurus hehe...

      Delete
  15. Hihihi lucu ya kucingnya pemilih makanannya. Kayak orang ya. Aku juga aneh kenapa ada kucing yang suka wafer juga. Soalnya anak saya pernah ngasih kucing wafer. Terus dia makan. Mungkin karena kucing jaman now ya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, mau dikasih wafer, apalagi wafer premium Loacker pasti bikin ketagihan hehe.. Mungkin ini masalah kebiasaan sejak kecil diberi makanan di luar kodratnya dan terbawa hingga kucing besar. Tapi, selama kucing sehat ya ga masalah. Yang masalah kalau kucing hanya mau makan wafer tapi ga mau makan daging, itu perlu diperiksa ke dokter hewan hehe..Thx sudah mampir

      Delete
    2. *Kucing jaman now dan kucing generasi milenial ;)

      Delete
  16. Kucing saya juga agak pemilih. Kadang mau makan ikan, kadang juga tidak.

    Sempat terpikir apa kucing bisa mengenali ikan berpengawet atau fresh ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi ikannya berpengawet atau berbahan kimia berbahaya bagi manusia. Bisa juga ikannya berbumbu macam-macam sehingga membuat mual si kucing. Mending ikan goreng biasa atau ikan mentah alami, kucing lebih suka. Tapi, masa ya kucing ga mau ikan gara-gara ikannya banyak duri hehe... Thx

      Delete
  17. kucing saya apalagi mas, si kembang asem, cuma makan daging aja udah gada yang laen,,manja banget pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik juga nama kucing dari nama kembang, mungkin coraknya ya. Kalau hanya mau makan daging saja memang idealnya seperti itu, tapi bisa saja sesekali mau makan telur dadar misalnya. Thx

      Delete
  18. comelnya kucing...

    kucing sama juga macam manusia seleranya... ia berhak memilih makanan yang sesuai... kalau kita marah pun tak guna sebab dia bukan faham pun hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kucing pun dapat protes atau marah, seperti didekati dikasih makan, tiba-tiba kabur begitu saja. Kadang dikasih tulang ayam kecap pun tak mau. Mungkin aroma kecapnya ga suka harus dibersihkan, atau manja ga mau gigit tulang, maunya daging lembut saja hehe..Itulah psikologi kucing. Thx

      Delete
  19. Thanks apsudi berkunjung ke blog saya,drop komen & follow
    datang membalas kunjungan dan follow blog ni jugak..
    bantak info berguna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx atas support & apresiasinya. Respek satu sama lain

      Delete
  20. Bener banget sepertinya itu kebiasaan dari kecil. Kucing dirumah aku juga pada milih. Sebab terlalu lama dikasi makan 1 produk dalam jangka waktu yang lama.

    ReplyDelete
  21. Seleranya tinggi ya... udah kaya manusia aja, suka pilih2 makanan... salam kenal gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing boleh kampung, selera makan kota bahkan internasional. Salam kembali

      Delete
  22. Unas imágenes preciosas !
    Es un placer leerte! Feliz domingo! ♡♡♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por el agradecimiento. Espera mi visita en tu blog

      Delete
  23. Ah, berarti memang paling tepat memberi makan kucing nasi + ikan goreng atau daging ayam rebus/goreng sedari kecil. Biar nggak terbiasa makan mahal. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, terkadang makanan kucing malah lebih mahal daripada makanan manusia. Sesekali sih gpp, tapi jangan jadi kebiasaan hehe.. Thx

      Delete
  24. Gw dari lama pengen pelihara kucing, cuman karena gw kerja, dan gak ada siapa-siapa di rumah, makanya gak jadi pelihara kucing. Kasian kalo sendirian di rumah. Padahal banyak banget yang pengen nyumbang kucing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau seperti itu, baiknya kucing dibiarkan saja hidup bebas di luar rumah, toh kalau kita pulang, mereka akan balik lagi minta makan. Memang amannya pelihara kucing lokal saja kalau tidak dikandangi akibat kesibukan, saya rasa itu lebih simpel, tapi tetap rutin dimandiin seminggu sekali lah, agar kelihatan walau dilepas tapi ini peliharaan orang. Thx

      Delete
  25. Mestinya jangan dikasih wishcash dari awal sih mas, menurutku

    Rata2 temenku yang pelihara kucing, sekali dikasih itu maunya ya yang sejenis itu aja levelnya

    Ngga mau downgrade kwkw

    Jadi kucingnya mesti dibiasin hidup sederhana dari kecil
    Jadi segala dimakan
    Tikus kecoa cicak dan hewan2 kecil lain yg lari-larian di sekitar rumah pun bisa diuber kwkwkw

    Nah, kalo nanti udah gede dan terbiasa sederhana kayaknya kalo mau kasih wiscash udah ngga bikin ketergantungan lagi tuh kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar, jadi ga prihatin kucingnya. Sama satu lagi harus dibiasakan aktif bergerak. Kucing rumahan biasanya malas bergerak, tapi maunya makan terus. Thx

      Delete
  26. Kucing tetangga jenis angora lalu dikasih makan ikan asin karena Whiskash melulu mah mahal, apa yang terjadi? Bulunya yang bagus dan panjang berubah rontok ibarat kucing kampung. Lalu setelah punya anak dari hasil perkawinannya dengan kucing kampung lain, jadi kucing kampung pula bentuknya. Sampai entah berapa generasi Apuk punya anak selalu kayak kucing kampung saja. Anaknya melahirkan anak juga jadi kucing kampung, main di rumah saya dan dikasih makan nasi mau saja. Setelah dikasih ikan asin atau pindang, dia gak mau lagi makan nasi padahal saya tak selalu goreng ikan asin atau pindang bandeng. Jadinya doi cuma ngendus lalu ngaleos. Ngeong-ngeong pundung gak dikasih asin dan pindang. Nasinya terpaksa untuk ayam kampung pelihataan.
    Saya ogah pelihara kucing jadinya, hi hi. Kasihan jika harus berebut jatah makand dengan ayam yang beberapa ekor. Ayam masih bisa dimasak, kalau kucing belum tentu bisa ngejar tikus. Selalu saja ada kucing tetangga masuk ke dalam rumah. Patroli ke sudut cuma untuk ngejar cecak doang.
    Kucing sahabat saya dari sejak lahir sudah diberi Whiskash, bikin sang sahabat kesal karena suaminya lebih peduli untuk belikan makanan kucing daripada ngasih uang belanja yang royal, hi hi. Tetap saja piara kucing karena kasihan pada anak-anaknya yang suka kucing. Saya sempat menolak adopsi kucing karena tak suka keluar banyak uang untuk Whisdkash, mending untuk jajan anak saja.
    Sesekali beramal ngasih makan kucing entah kepunyaan siapa dengan makanan sisa asal jangan sayuran karena mereka ogah dan pastinya sisa sayuran untuk ayam saja.
    Cowy kalau sudah jadi kucing rumahan memang akan gitu, pemilih.
    Soal daging berbumbu, saya tak begitu perhatikan. Jarang masak daging apalagi menyisakan bagian terbaik, jadinya kalau ngasih makan saging berbumbu kepada kuicing pun tak saya perhatikan benar apakah dimakan atau tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap bu komennya sudah seperti 1 artikel blog hehe... Memang diakui Whiskas bikin bulu kucing bagus & badan sehat. Cuma itu, beli 1 kaleng Whiskas sehari juga habis, beda dengan sarden kalengan misalnya, lebih hemat. Menurut saya yang pas kok kombinasi saja, Whiskas basah pagi, lalu makanan daging sisa siang,malam Whiskas kering. Benar, ngasih makanan kucing juga bagian dari sedekah. Thx. Selamat hari blogger Nasional 27 Oktober 2019

      Delete
  27. Such a cute cat... it is normal for them to develop strange habits :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx. But in other reason, cat become spoiled, timid, and succumbs

      Delete
  28. kalau kucing di rumah saya hobinya minum susu mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus itu, asal susu khusus kucing, jangan susu bayi yang ada laktosanya hehe.., sudah pasti ga mau karena kucing benci itu. Thx sudah mampir

      Delete
  29. nggak punya peliharaan kucing sih, yang ada dan dan sering dikasih makan juga palingan kucing kampung, tapi saya suka kucing, dan tips seperti ini bermanfaat buat teman2 yang ada peliharaan si kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas apresiasinya, memelihara hewan jinak seperti kucing, kelinci, burung, dsb terbukti ampuh menurunkan tingkat stres. Tapi, ada juga yang memacu adrenalin dengan memelihara hewan buas seperti ular kobra, macan, dsb. Itu berisiko juga. Thx




      Delete
  30. Wah..keren banget analisanya �� bener juga klo kurang gerak.. nafsu makan kurang dan mood juga turun ya. Sama kaya manusia.. klo makan whiskas itu sama kaya manusia makan mi instan ga sih, mau kapan aja pasti menggugah selera hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx atas apresiasinya. Whiskas itu ibarat mi instan premium hehe..., mulai dari aroma, bentuk, pewarnaan, & bahannya memang bikin kucing ngiler

      Delete
  31. Mirip manusia, kalau sudah kebiasaan enak, pas dikasi gak enak suka lupa diri #malinkundang

    Kucing kampung ku dulu juga pernah begitu si oren. Tapi, kalau kepepet ya dia makan apa aja, biasa cuwe. Tulang ayam habis makan nasi padang dll.

    Kalau wiskas baik kering maupun basah, mesti diberikan kombinasi, emang kucing itu mesti diakali, kalau gak kita yang balal diakali kucing, akhirnya kucing-kucingan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan jadi manja juga, ga mau makanan murah, harus makanan mahal hehe.. Kucing liar yang kelaparan akan nekat makan rumput. Seharusnya kucing rumahan bersyukur mereka tidak bernasib seperti kucing liar tersebut. Masalahnya apakah kucing bisa bersyukur hehe...

      Delete
  32. Saya pun ada pengalaman yang sama. Kucing kerabat saya, bukan milih makan sih, tapi seleranya aneh. Kadang, klo dikasih kue dia makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneh juga dry food dan daging berbumbu tajam seperti rendang atau opor ga mau, harus daging goreng biasa atau malah kerupuk mau hehe... Kucing pemilih bisa jadi alergi terhadap aroma bumbu atau bahan tertentu walau itu daging

      Delete

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)😇
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜

Kemerdekaan dan Nasionalisme menurut Perspektif Hukum Islam serta Perwujudannya

A. Kemerdekaan Tidak terasa sekarang sudah memasuki bulan Agustus 2020 yang berarti negara kita, Indonesia akan merayakan hari kemerdekaa...