All about Innovation💡, Law⚖️, Management📝, & Soccer⚽: Manajemen Berbasis Resor di Kawasan Konservasi Bukit Barisan Selatan

IWA

Rabu, 01 Maret 2023

Manajemen Berbasis Resor di Kawasan Konservasi Bukit Barisan Selatan

Pada tahun 2003, United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO), badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bergerak di bidang pendidikan dan budaya, menetapkan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung, sebagai salah satu klaster warisan alam dunia, dengan ciri khas hutan dataran rendah, pegunungan yang indah, habitat badak, gajah, dan harimau sumatra. Dengan ditetapkannya warisan alam dunia, maka secara tidak langsung kawasan itu menjadi "milik" dunia bersama dengan dua taman nasional di kawasan Sumatra lainnya yaitu Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Kerinci Seblat.


Selain harus dijaga integritas ekologisnya, situs warisan dunia dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan, di antaranya melalui pengembangan ekowisata. Selain menghasilkan pendapatan ekonomi bagi negara, ekowisata juga menguntungkan masyarakat melalui pengembangan ekonomi lokal. Ujung-ujungnya, kesejahteraan masyarakat sekitar dapat ditingkatkan. Semuanya harus terintegrasi secara seimbang, baik untuk pengembangan ekonomi lokal, warisan alam dunia, dan pengelolaannya kawasan konservasi.


Di Indonesia, amanat pengelolaan kawasan konservasi di taman nasional, dibebankan kepada Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kehutanan yaitu Balai Besar Taman Nasional. Di tengah sorotan pengelolaan kawasan konservasi yang menyandang gelar warisan alam dunia, sehari-hari Balai Besar Taman Nasional Bukit masih harus berhadapan dengan tekanan perambahan, perburuan, pertambangan liar, dan pembalakan liar.


Sebagai unit pemangku kawasan terkecil, resor berada di barisan depan dalam pengelolaan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung. Petugas resorlah yang sehari-hari berinteraksi langsung dengan kawasan dan masyarakat sekitarnya. Untuk mampu membaca gelagat sosial, petugas resor perlu pasokan data sosial ekonomi serta bentuk interaksi masyarakat dengan kawasan. Untuk sistem informasi, perlu ada kesepakatan tentang aliran data, tugas, dan pembagian peran di setiap unit pengelolaan. Misal, untuk resor hanya bertugas patroli sambil membawa tally sheet (lembaran perhitungan). Analisis awal di kantor seksi, sedangkan kantor bidang dan balai bertugas mengelola input data menjadi informasi untuk nantinya diambil keputusan. Pengumpulan dan aliran data dengan pengarsipan data sudah terkomputerisasi dan menggunakan aplikasi khusus

 

Artikel ini menjelaskan apakah tata kelola di Bukit Barisan Selatan benar-benar berhulu dari lapangan dan bagaimana penerapan ke depannya, apakah ada inovasi baru, baik di Bukit Barisan Selatan  maupun di tingkat nasional?


A. Manajemen Berbasis Resor

Manajemen berbasis resor menjadi salah satu pendekatan yang digunakan Balai Besar untuk mengelola kawasan konservasi seluas 350 ribu hektare lebih. Resor, unit pengelolaan terkecil dalam struktur balai, menjadi ujung tombak di lapangan. Artinya, organisasi di tingkat resor, termasuk para petugasnya, harus berfungsi di lapangan, dan menjadi bukti kehadiran Balai sebagai pengampu kawasan. Pada hakikatnya, pengelolaan berbasis resor untuk melecut kesigapan dalam menanggapi segala dinamika di lapangan. Manajemen ini didukung oleh Tropical Forest Conservation Action (TFCA) Sumatra dan Konsorsium UNIVERSITAS LAMPUNG (UNILA) - PUSAT INFORMASI LINGKUNGAN (PILI). Setiap kawasan resor dikelola oleh beberapa polisi hutan yang memiliki tugas utama melakukan patroli rutin. Masyarakat sekitar pun diajak untuk terlibat mengamankan taman nasional dengan menjadi mitra polisi hutan dan tentu saja ada pelatihan khusus bagi mereka yang ingin terlibat. Pembentukan kelompok pemuda pecinta alam merupakan inisiatif yang bagus untuk penguatan keamanan.


Untuk perlindungan satwa langka, maka pengelola begitu memperhatikan keberadaan satwa langka seperti harimau, badak, dan gajah. Ketiganya menegaskan peran penting Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dalam melindungi kekayaan hayati Sumatra. Sebagai contoh, untuk perlindungan badak Sumatra, dibantu oleh yayasan khusus seperti Yayasan Badak Indonesia (YABI) yang rutin melakukan pemantauan di Bukit Barisan Selatan mencatat bahwa badak berbulu ini memang tak mudah dijumpai, cenderung pemalu, dan sensitif. Badak ini relatif kecil berukuran 0,8 ton, bandingkan dengan badak Jawa yang berukuran sampai 1,2 ton.


Petugas berwenang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat harus mampu membaca gelagat sosial ketika sebelum dan saat berinteraksi dengan masyarakat sekitar, dengan cara:

1. Menguasai ilmu dan teknik analisis mendapatkan pasokan data sosial ekonomi dan budaya

2. Mampu berinteraksi dengan baik terhadap masyarakat sekitar, didengarkan aspirasinya, dan tentu saja perlu diedukasi juga bahwa peran serta masyarakat dibutuhkan untuk menajga kawasan konservasi Bukit Barisan Selatan, bukan semata karena mereka bertindak karena  dibayar sebagai pekerja. Harus ada kerelaan dan pengorbanan di sini

3, Menguasai sistem informasi manajemen agar tanggap menerima informasi yang beredar di lingkungan sekitar untuk segera diolah dan disimpan dalam sistem yang terkomputerisasi.


B. Perusakan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Sesuai takdirnya, alam sejatinya bisa memulihkan dirinya sendiri. Bila kerusakan kecil. hutan bakal cepat pulih. Itulah suksesi alami. Syaratnya, nihil dari gangguan manusia. Namun, bila benar-benar lantak, pohon dibabati, lalu dirombak menjadi kebun, pemulihan hutan akan berjalan lambat. Suksesi tersendat-sendat.


Balai Taman Nasional mencatat, dari analisis citra Landsat, terlihat penggundulan hutan yang memprihatinkan. Sampai tahun 2008, luas deforestasi (kehilangan tutupan lahan dan area hutan) mencapai  57000 hektare, sedangkan  pada tahun 2009 bertambah luas menjadi 61000 hektare. Penggundulan itu sebagian besar disebabkan oleh perambahan. Sedikitnya 16124 kepala keluarga telah merambah taman nasional. Pemukiman yang berada dekat dengan taman nasional membuat benturan dengan satwa liar tak terelakkan. Habitat satwa liar pun semakin menyempit dan memprihatinkan, tumbuhan untuk makanan mereka dirambah dan tempat hidup mereka pun semakin terbatas akibat terdesak oleh pemukiman penduduk. Perambahan terus saja dilakukan akibat keterbatasan lahan, dan desakan ekonomi.


Hal ini diperparah dengan jarangnya petugas yang hadir di lapangan. Pengelolaan lebih bersifat pengamanan dengan orientasi pada hasil proyek. Masyarakat yang terlibat ketika bertindak pun terkadang sifatnya bukan sukarela, melainkan diupah. Jarangnya kehadiran staf berbuntut panjang: aliran data dan informasi dari lapangan tidak ada.


Untuk mengatasi persoalan tersebut, semenjak Mei 2012, Konsorsium UNILA-PILI  dan Balai Taman Nasional Bukit Barisan Selatan melakukan sosialiasi tentang penerapan manajemen berbasis resor, yang terbagi menjadi 4 resor model, Way Nipah, Biha, Pugung Tampak, dan Merpas. Empat resor model ini menjadi percontohan bagi resor lainnya.


C. Menyisir Potensi Resor

Di setiap resor, digelar survei keragaman hayati dan keadaan sosial masyarakat untuk mengetahui kekayaan, tantangan, dan dinamika mutakhir setiap resor. Hasil survei bakal menjadi fondasi bagi rencana pengelolaan resor yang menentukan setiap tindakan di lapangan. Rencana pengelolaan juga menjadi patokan dalam memantau dan mengamati dinamika ekonomi, sosial, dan ekologi kawasan resor.


1. Bumi perkemahan Kubu Perahu, berlokasi tepat di seberang kantor resor, yang dihuni sekitar 136 spesies avifauna. Salah satu jenis burung yang mengangkat pamir Kubu Perahu adalah tokhtor sunda. Burung ini termasuk daftar favorit para pengamat burung. Lalu terdapat sungai Way Asahan dan Way Sepapa. Dari Way Sepapa mengalir 2 air terjun yang khas. Daerah ini cocok untuk bumi perkemahan wisata dan pendidikan konservasi. Ada juga jasa penginapan rumahan yang dikelola warga setempat beserta Konsorsium UNILA-PILI. Tidak hanya wisatawan lokal yang tertarik, tapi juga asing, seperti mahasiswa Jepang tertarik dengan aktivitas warganya, terutama kaum perempuan yang memecah batu

2. Ragam Hayati Biha, berlokasi di Kecamatan Bengkunat, Lampung, dengan jalur 200 meter dari batas taman nasional. Kawasan ini dekat perbatasan berupa kebun campuran: kopi, damar, petai, durian, dan jengkol. Hutan di sini memiliki tumbuhan bawah dan liana, serta pohon besar seperti bunga loteh, jejahli, jambuan, dan simpur. Sungainya berbatu mengalir tidak terlalu deras, dengan lebar antara 3-4 meter. Sedikitnya ada 22 spesies satwa melata di kawasan ini, di antaranya ular hijau dan kura-kura. Daerah ini dihuni oleh penduduk yang umumnya senang bertani dan berkebun. Tidak heran, daerah ini menjadi salah satu lumbung padi di Lampung

3. Ragam Hayati Merpas, berlokasi di daerah Bengkulu, merupakan wilayah ekoton, peralihan hutan dengan kebun kopi. Vegetasi pohon yang umum: kayu cabe, tamberas, dan wedang. Penduduk setempat umumnya transmigran keturunan Jawa yang sudah lama berladang di daerah Lampung. Masing-masing warga memiliki lahan seluas 2 hektare, dibuat perladangan secara tumpangsari dengan cabai dan lada. Di samping itu juga digalakkan budidaya ikan tawar untuk meningkatkan ekonomi warga sekitar.

4. Ragam Hayati Way Nipah, berlokasi di Kecamaatan Pematang sawa, Lampung, merupakan pinggiran hutan, didominasi areal terbuka berupa kebun cokelat, semak belukar, dan sawah. Ada 116 spesies burung yang hidup di hutan Way Nipah, di antaranya burung cabak, capung merah, dan burung kutilang. Sebagian besar penduduk di sini adalah keturunan Jawa, berprofesi sebagai petani yang menanam padi gogo. Produksi beras dari desa ini masih rendah, karena hanya menanam jenis padi kering

5. Ragam Hayati Pugung Tampak, berada di wilayah yang terpecah-pecah antara hutan, kebun kopi, dan jalan. Kawasan ini terbelah oleh jalan raya antara Provinsi Lampung dengan Bengkulu. Masyarakat di sini umumnya pendatang dari berbagai daerah, yang sebagian besar dari Lampung Barat. Warganya dikategorikan menjadi masyarakat tetap dan pendatang (perambah) yang tidak diakui dalam administrasi desa. Menjadi perambah pun karena terpaksa akibat tidak memiliki lahan garapan dan  harus sering berhadapan dengan petugas Taman Nasional mengingat itu adalah bentuk pelanggaran hukum

6. Resor Sukaraja Atas, berada di wilayah Sukaraja, Provinsi Lampung, memiliki keunggulan program yang memanfaatkan jasa teknologi lingkungan taman nasional untuk masyarakat. Salah satunya adalah bergotong royong membangun pembangkit listrik pikohidro, untuk mendapatkan energi kinetik dari sungai yang mengalir. Di lokasi ini pula merupakan tempat terbaik pertumbuhan bunga Rafflesia Arnoldi. Jasa penginapan untuk wisatawan pun tersedia dengan melibatkan warga setempat (rumah inap milik warga). Jangan berharap mendapatkan kemewahan eksotis, melainkan hidup sederhana menikmati kearifan lokal dan alam sekitar bersama warga setempat. Tapi disitulah yang menjadi value dan membuat wisatawan penasaran.


D. Restorasi Hutan di Bukit Barisan Selatan

Di Desa Pesanguan, Provinsi Lampung, konsorsium UNILA-PILI menggelar restorasi hutan untuk kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Lokasi kampung ini memang strategis untuk menggelar restorasi hutan tersebut (berikutnya akan ada artikel khusus ini) dan perambahan masih banyak dilakukan oleh sebagian warga Pesanguan. Mengingat banyak perambahan, maka Desa Pesanguan dipertimbangkan untuk menjadi desa dampingan dan percontohan buat yang lainnya.

 

Restorasi hutan di Resor Way Nipah misalnya, dilakukan dengan tipe pengelolaan rehabilitasi lahan dan pemberdayaan masyarakat. Konsorsium juga mengembangkan ekowisata berbasis masyarakat di Resor Balik Bukit dan Sukaraja Atas. Di sana, konsorsium menautkan resor dengan masyarakat, yang bersama-sama memanfaatkan jasa lingkungan taman nasional. Kendala utamanya adalah sebagian maasyarakat yang terlibat merasa itu adalah pekerjaan, bukan sukarela, sehingga setelah menanam, lalu dibayar. Kalau tidak dibayar, ya tidak mau terlibat.


Banyak hal yang mesti dipersiapkan dalam restorasi, seperti pembibitan sampai pemeliharaan. Untuk mencari bibit asli, kelompok berbekal daftar nama tanaman spesies asli Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Sedikitnya ada 122 spesies. Dari pendalaman data, kelompok menilih 16 jenis tumbuhan. Pemilihan itu juga menimbang kecepatan tumbuh tanaman yang akan ditanam di areal pemulihan. Sedangkan, pemeliharaan dilakukan dengan memasuki  lorong-lorong tanam. Anggota kelompok menyiangi, menyulami, dan memupuk. Pemberian pupuk tidak untuk semua tanaman, tetapi disesuakan dengan kondisi tanahnya. Seluruh anggota kelompok dibagi dalam regu yang sudah disepakati, dan biasanya perlu waktu 5 hari pemeliharaan pada setiap petak.



Sumber: 

Buku Membumikan Tata Kelola Taman Bukit Barisan Selatan, Karya Evi Indraswati, Nico Yolanda, Sunarni Widyastuti, Jhon Sarma Sipayung, Immanuel Kristianto, Novelina Tampubolon, Christine Wulandari, Afriansyah Gani, dan Meizannur, Tim dari PUSAT INFORMASI LINGKUNGAN INDONESIA (PILI) - GREEN NETWORK

 

Demikian artikel blog saya yang juga dibuat atas permintaan PILI GREEN NETWORK (terima kasih bukunya 🙏) untuk ikut berkontribusi menjaga lingkungan di Indonesia, khususnya kawasan konservasi Bukit Barisan Selatan, Lampung. Termasuk dalam hal ini menyebarkan informasi lewat tulisan yang bermanfaat bagi perbaikan lingkungan di kawasan Bukit Barisan Selatan, Lampung, ke depannya. Silakan mampir juga ke blog saya yang kedua (tentang kesehatan dan kemanusiaan, full text english), ketiga (tentang masalah dan solusi kelistrikan), serta keempat (tentang hewan peliharaan). Semoga bermanfaat. Terima kasih. Berikut link-nya: 


49 komentar:

  1. Resensi buku yang menarik tentanb manajemen lingkungan, khususnya berkaitan dengan pemeliharaan hutan di Bukit Barisan Selatan. Ternyata cukup rumit juga masalah kerusakan hutan akibat perambahan. Mereka terpaksa melakukan itu akibat faktor ekonomi. Sementara pegiat lingkungan masih terbatas dan sukarela. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Apalagi memang buku tentang manajemen lingkungan (hutan) masih jarang. Ketika perambahan terjadi, maka ancaman kerusakan lingkungan di depan mata dan menyebabkan bencana alam. Sudahh saatnya kita peduli terhadap lingkungan sekitar. Semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Saya tak menyangka kalau badak jawa itu mencapai berat 1,2 ton. Karena belum pernah melihatnya langsung. Cuman gambar/ fotonya saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sangat berat seperti hewan zaman dulu dinosaurus mungkin triceratops ya. Keberadaan badak 🦏 ini dilindungi karena sudah langka juga. Tidak hanya hutan, tapi juga satwa langka harus dilindungi

      Hapus
  3. Muito bem! É bom quando as pessoas se empenham em preservar a Natureza.

    BalasHapus
    Balasan
    1. concordar. para que a natureza também dê feedback positivo aos humanos

      Hapus
  4. Muy interesante, Te mando un beso

    BalasHapus
  5. Memang sekarang hutan di Sumatera makin banyak dirusak, ada yang buat pemukiman tapi paling banyak buat perkebunan sawit.

    Ternyata taman Nasional Bukit Barisan Selatan sudah jadi warisan dunia ya, semoga tetap terjaga kelestariannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Alasan utama adalah faktor ekonomi. Mereka tau itu merusak lingkungan. Sudah saatnya pemerintah setempat juga memperhatikan kesejahteraan warganya. Alam Indonesia memang luar biasa sehingga pantas menjadi warisan dunia

      Hapus
  6. Bangga menjadi warga Indonesia dengan banyak ragam budaya, flora, fauna
    Keragaman yang perlu dijaga karena hanya ada di Indonesia
    Jika bukan kita yang peduli siapa lagi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Kalau sampai dirusak yang rugi kita juga. Karena dengan menjaga alam dan lingkungan sekitar, akan ada timbal balik yang positif pula ke manusia, khususnya warga sekitar

      Hapus
  7. Wah jadi tahu lebih jauh tata kelola Taman Nasional Bukit Barisan yang membentang di sepanjang Pulau Sumatera. Jadi kangen Lampung, sudah setahun lebih ngak mudik ke Bandar Lampung. Keberadaan bukit barisan ini membuat Lampung memiliki bentang alam yang indah dan berbukit-bukit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Semua perlu dikelola, ada manajemennya. Belum lagi ada pihak yang pro kontra. Ini lebih ke aktivitas sukarela, walau warga setempat hanya mau terlibat jika dibayar, saya rasa tidak bisa disalahkan juga mengingat faktor ekonomi juga

      Hapus
  8. Ide konservasi alam berbasis resor ini pastinya dapat mendatangkan wisatawan termasuk wisatawan asing ya. Tentunya kalau digarap dengan baik akan memberikan nilai lebih konservasi di mata mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Tentunya tidak mudah untuk menggarapnya, ada perlawanan juga dari perambah. Sementara warga yang dilibatkan ingin diupah juga (menjadi mata pencaharian)

      Hapus
  9. Berbicara tentang kekayaan yang ada di Sumatera seolah ngga ada habisnya. Sama seperti yang diceritakan teman saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Kekayaan alam hutan dan satwa langka begitu luar biasa. Perlu dirawat dan dilestarikan, bukan dirusak untuk kepentingan bisnis semata

      Hapus
  10. Dibutuhkan regulasi yang kuat untuk mengatur resor yang didalamnya terdapat banyak flora dan fauna. Sosialisasi dari Pemerintah betapa pentingnya pengelolaan resor di kawasan bukit jadi kunci. Hmm.. tapi juga untuk kegiatan restorasi hutan ada masyakarat yang minta dibayar, sepertinya "dapat dimaklumi". Mungkin solusinya bisa dibentuk LSM yang diberi dana khusus untuk kegiatan ini, tetapi beranggotakan pemuda-pemuda daerah.
    CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, tentunya LSM yang diakui pemerintah dan selalu berkoordinasi dengan pihak berwenang, termasuk dari pengelola hutan. Terkadang benturan kepentingan memunculkan LSM dadakan yang melenceng dari tujuan semula hehe.. Ini yang harus diantisipasi

      Hapus
  11. wahhhh kalau dah dapat pengiktirafan dr UNESCO, means taman ini perlu dijaga sebaiknya, dipulihara habitat dan ekosistem yang ada daripada tangan2 manusia durjana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Pasti ada yang tamak ingin merusak taman demi kepentingan pribadi dan bisnis. Sudah ada aturannya, semoga benar-benar dipatuhi

      Hapus
  12. saya salah fokus dengan foto mercusuar hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu foto di buku sumbernya yang terlihat unik, mercusuar di kawasan Bukit Barisan Selatan. Saya termasuk malas upload foto harus resize foto supaya blog tidak berat. Jadi ambil aja satu yang unik hehe..

      Hapus
  13. di tempat saya taman nasional ya baluran yang dibanyuwangi

    BalasHapus
  14. Que bom, consegui traduzir!
    Gostei muito do que li, precisamos
    todos dar as mãos para termos um mundo melhor.
    Obrigada pelo seu comentário!
    Uma ótima sexta feira e um lindo fim de semana.
    Abraços!

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. Nah itu juga, alasan terdesak ekonomi tapi tidak memikirkan dampaknya. Alam pun bisa marah dengan caranya sendiri

      Hapus
  16. Thanks for sharing
    https://www.melodyjacob.com/

    BalasHapus
  17. Have a nice start of week!
    Gros bisous ♥♥♥

    BalasHapus
  18. Ada banyaaak macam resor nya ya mas 👍. Belum pernah sih main ke sini, padahal sbnrnya Lampung ga jauh2 amat dari Jakarta. Semoga aja dengan dijadikan klaster warisan alam dunia, bisa lebih terjaga. Mengingat banyak lahan di indonesia yg ga bisa dibiarin kosong Ama orang2 serakah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Lampung memiliki banyak resor dengan melibatkan partisipasi warga sekitar. Sudah seperti kearifan lokal. Tapi ada saja orang yang entah tidak tau atau tidak mau tau merusak alam akibat faktor ekonomi

      Hapus
  19. Olá, amigo Vicky,
    Informações muito interessantes, para quem quiser viajar pela Indonésia.
    Excelente poust.
    Grato pela visita, e gentil comentário no meu cantinho
    Votos de uma excelente semana!
    Abraço.

    Mário Margaride

    http://poesiaaquiesta.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. obrigado pela apreciação. Seu país, Portugal também é incrível e divertido

      Hapus
  20. Olá, amigo Vicky,
    Informações muito interessantes, para quem quiser viajar pela Indonésia.
    Excelente poust.
    Grato pela visita, e gentil comentário no meu cantinho
    Votos de uma excelente semana!
    Abraço.

    Mário Margaride

    http://poesiaaquiesta.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. obrigado e continuem apoiando uns aos outros

      Hapus
  21. obrigado pela sua vesita no meu cantinho um post muito entresante bravo bjs saude

    BalasHapus
  22. Olá!
    Passando para lhe desejar uma semana repleta de boas energias.
    Abraços Loiva

    BalasHapus

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)😇
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜

Manajemen Puasa Ramadan yang Menyenangkan

Seringkali kita mendengar istilah manajemen yang merupakan salah satu jurusan perkuliahan di fakultas ekonomi, tapi kurang paham apa defini...