All about Animals, Innovation, Law, Management, and Soccer: Pesepakbola Berkaki Kidal Lebih Ditakuti

IWA

Pesepakbola Berkaki Kidal Lebih Ditakuti

Sumber: belitung.tribunnews.com
 Pesepakbola pada umumnya memiliki kedua kaki yang kuat, tapi jika diteliti, mereka memiliki kaki terkuat (dominan) adalah kaki kanan. Tapi, ada sebagian kecil pesepakbola berkaki kidal, walaupun tangan aktif tetap kanan. Mereka memiliki keistimewaan sehingga biasanya lebih ditakuti oleh pemain lawan. Contoh: Messi, David Silva, Roberto Carlos, dan Maradona. Uniknya kebanyakan pemain berkaki kidal ini bertubuh pendek tapi dibekali kecepatan dan kelincahan. Tapi, ada juga yang bertubuh jangkung seperti Bale, Robben, dan striker kekar Adriano.

1. Pesepakbola Berkaki Kidal Cenderung Memiliki Umpan yang Sulit Ditebak
Hal ini dimaklumi karena pesepakbola berkaki kidal merupakan hal yang langka, sehingga lawan tidak terbiasa menghadapinya, butuh usaha lebih untuk menghadapi pemain kidal tersebut. Selama latihan pun, pemain yang sering dihadapi bukan berkaki kidal. Umpan-umpan tricky dan sulit ditebak inilah yang membuat peluang semakin besar dan rekan setimnya bisa memanfaatkan hal tersebut.

2. Pesepakbola Berkaki Kidal Cenderung Lebih Ditakuti Kiper Lawan
Kiper sudah terbiasa dilatih dan mengamati pergerakan pemain bola yang akan mengancam gawangnya, termasuk jika terjadi tendangan penalti. Masalahnya, yang sering diamati itu pemain berkaki dominan kanan. Ketika terjadi penalti pun, pemain berkaki kidal cenderung sulit ditebak arah tembakannya. Kiper perlu usaha ekstra untuk menepis tendangan penalti si kidal ini. Perlu latihan khusus agar instingnya lebih peka dan reflek lebih baik.

3. Pesepakbola Berkaki Kidal Cenderung Punya Speed Tinggi
Sudah tidak heran, mereka yang berkaki kidal banyak yang memiliki kecepatan dan kelincahan yang baik. Sebagai contoh: Messi, Bale, Robben, dsb. Mereka memiliki kemampuan untuk bergerak liar ke berbagai posisi, sehingga menyulitkan lawan, dengan kaki kidal magisnya menjadi kekuatan tambahan yang membuat lawan harus semakin waspada. Mereka juga memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, sehingga dapat bergerak dan berpindah posisi dengan cepat. Pergerakan liar inilah yang sering membingungkan pertahanan lawan.

4. Pesepakbola Berkaki Kidal Cenderung Disegani, Menjadi Motor Serangan dan Leader di Posisinya
Seperti halnya seorang Messi, David Silva, dan Maradona, merupakan pesepakbola yang disegani, menjadi motor serangan tim, serta pemimpin tim. Hal ini dikarenakan mereka diberkati skill khusus yang membuat aura kebintangan mereka begitu kuat, punya power, dan inspirator bagi rekan-rekannya.

Tapi, pemain kidal biasanya cenderung punya kelemahan, yaitu kaki kanannya lemah, jadi hanya kiri yang benar-benar kuat, sehingga ketika akan mengumpan, atau menembak ke gawang, pemain tersebut cenderung menempatkan kaki kirinya sebagai tumpuan utama, jika peluang ada pada saat kaki kanan yang digunakan, maka pemain tersebut akan menahan bola dan segera dipindahkan ke kaki kiri. Hal inilah yang membuat pemain berkaki kidal sering kehilangan momen dan lambat dalam mengambil keputusan. Sebagai solusinya, kaki kanan pemain kidal tersebut harus dilatih lebih sering daripada kaki kidalnya itu sendiri. Berbeda dengan pemain berkaki dominan kanan, maka kaki kirilah yang harus dilatih lebih sering. Sehingga, pemain kidal maupun pemain berkaki dominan kanan memiliki kekuatan kedua kaki sama kuatnya (both sides). Di samping itu, terkadang pemain berkaki kidal cenderung punya ego yang tinggi dan ingin dilayani terus, sehingga ujung-ujungnya individualistis dan justru mudah diatasi oleh pertahanan lawan. Biasanya pelatih berkualitas punya cara khusus untuk mengatasi hal tersebut, sehingga kekompakan tetap terjaga.

Silakan mampir juga ke blog saya yg kedua (ttg kesehatan & kemanusiaan, full text english) dan ketiga (ttg masalah & solusi kelistrikan). Semoga bermanfaat. Thx. Berikut link-nya:
Blog 2: healthyhumanityvicagi.blogspot.com
Blog 3: listrikvic.blogspot.com



2 comments:

  1. Mgkn krn pesepakbola berkaki kidal itu langka, shg sulit ditebak gaya mainnya, trmsk oleh kiper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bnr, biasanya kiper latihan menghadapi pemain yg kuat di kaki kanan. Dan pesepakbola berkaki kidal biasanya lbh tricky & umpannya sulit ditebak. Thx

      Delete

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)😇
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜

Kemerdekaan dan Nasionalisme menurut Perspektif Hukum Islam serta Perwujudannya

A. Kemerdekaan Tidak terasa sekarang sudah memasuki bulan Agustus 2020 yang berarti negara kita, Indonesia akan merayakan hari kemerdekaa...