IWA

Kemajuan Sepak Bola Suatu Negara Biasanya Berbanding Lurus dengan Ekonomi Negara Tersebut

Terkadang saya berpikir, apa kaitannya sepak bola suatu negara dengan ekonomi di negara tersebut. Tapi kalau diperhatikan, negara yang sepak bolanya maju, cukup disegani di dunia internasional, pada umumnya(tidak semuanya loh) ekonomi negaranya pun ikut maju, dan penduduknya sejahtera. Contoh: Jerman. Sepak bola di Jerman, baik kompetisinya liga maupun timnasnya merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Regenerasi timnasnya lebih menonjol, ketika tim seniornya masih berjaya, juniornya (U-21) pun ga mau kalah, benar-benar regenerasi emas. Ternyata kemajuan sepak bola Jerman berbanding lurus dengan ekonomi negaranya. Menurut Wikipedia, Republik Federal Jerman memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. Jerman mempunyai ekonomi pasar sosial dengan tenaga kerja berkemampuan tinggi, kapitalisasi besar, tingkat korupsi yang rendah, serta tingkat inovasi tinggi. Jerman adalah negara dengan ekonomi terbesar dan terkuat di Eropa, PDB terbesar keempat dunia, pendapatan nasional bruto terbesar kelima dunia, dan kontributor terbesar ke Uni Eropa tahun 2011. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Jerman adalah negara maju dan menjadi salah satu kekuatan Eropa yang disegani. 

Nah, kaitannya dengan sepak bola? Menurut saya, ketika sepak bola sudah menjadi suatu industri yang saling menguntungkan, dengan sumber daya manusia dan infrstruktur yang mumpuni, maka ini bisa menjadi aset yang sangat menguntungkan bagi suatu negara yang menganut sistem kapitalis seperti Jerman ini. Bayangkan ketika banyak pesepak bola potensial dan berkelas bermain di Liga Jerman, tentunya akan mengundang sponsor dari perusahaan-perusahaan besar internasional. Setelah mereka berinvestasi, di situ pemerintah setempat menawarkan kerja sama yang saling menguntungkan. Jangan heran, berkat banyak sponsor dan investor kelas kakap, gaji pesepakbola di sana bisa mencapai ratusan miliar rupiah per tahun. Sepak bola menjadi industri yang luar biasa, bisa menggaet bidang lain, misal kuliner, transportasi, jersey, aksesoris, dan sebagainya. Karena dampaknya yang luar biasa, sehingga bisa memajukan ekonomi negara tersebut secara signifikan.


Kekuatan Luar Biasa Sepak Bola dan Ekonomi Jerman


Di sisi lain, negara yang sepak bolanya tertinggal, biasanya ekonominya pun bermasalah. Ambil contoh: Venezuela. Baik kompetisi liga dan timnasnya termasuk yang terlemah di Amerika Selatan. Hal ini berbanding lurus dengan ekonominya. Dikutip dari www.anakregular.com, perekonomian Venezuela sangat bergantung pada minyak. Sehingga, ketika harga minyak anjlok, menjadi pukulan bagi pemerintah setempat, dan akhirnya pertumbuhan ekonomi merosot tajam. Dengan diperparah kenaikan belanja pemerintah, upah minimum,dsb, mengakibatkan inflasi akan meningkat. Jangan heran sektor ekonomi rakyat kena imbasnya dan merembet ke industri sepak bola setempat. Kalau sudah begitu, jangan heran gaji pemain menjadi rendah, daya saing melemah, kemiskinan di mana-mana, dan prestasi sepak bolanya menurun. Pemerintah pun tidak bisa membantu, karena kepayahan juga menghadapi inflasi tersebut.

Silakan mampir juga ke blog saya yg kedua (ttg kesehatan & kemanusiaan, full text english) dan ketiga (ttg masalah & solusi kelistrikan). Semoga bermanfaat. Thx. Berikut link-nya:
Blog 2: healthyhumanityvicagi.blogspot.com
Blog 3: listrikvic.blogspot.com


 
    



No comments:

Post a Comment

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)😇
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜

Disrupsi Digital dan Inovasi Era Kenormalan Baru

Disrupsi Digital Pandemi Covid-19 yang terjadi berbulan-bulan dan menimpa hampir seluruh negara di dunia membuat kacau kondisi ekonomi se...