All about Animals, Innovation, Law, Management, and Soccer: Aktivitas Otak Kanan yang Inovatif tapi Sering tidak Disadari

IWA

Aktivitas Otak Kanan yang Inovatif tapi Sering tidak Disadari

Sehari-hari, kita sering disibukkan dengan aktivitas otak kiri, mulai dari menuntut ilmu (buat yang masih kuliah/sekolah) dan bekerja untuk memperoleh penghasilan. Aktivitas-aktivitas tersebut pada umumnya murni menggunakan otak kiri, sehingga jika digunakan terus-menerus, akan mengalami kejenuhan. Jika tetap dibiarkan, bisa jadi mengalami stres. Kalau sudah stres, otak tidak dapat memahami ilmu yang diserap, sehingga performa di tempat kerja/kampus/sekolah tidak akan optimal. Mau tidak mau, harus ada manajemennya, harus diimbangi dengan aktivitas otak kanan, agar terjadi keseimbangan. Biasanya setelah diselingi aktivitas otak kanan, istirahat yang cukup (kalau kurang tidur bisa diantisipasi dengan tidur siang sesaat saat istirahat kerja/kuliah/sekolah), nutrisi yang baik, dan minum air putih (minimal 8 gelas), otak akan kembali fresh dengan lebih efektif, bahkan akan memunculkan sifat kreatif dan inovatif.

Lalu, apa saja aktivitas otak kanan yang inovatif dan sering tidak disadari, tapi mudah untuk dilakukan?

1. Melawak
Orang yang suka bercanda dan melawak untuk menghibur teman-temannya yang sedang jenuh dan boring, pada dasarnya sedang mengasah otak kanannya. Biasanya orang yang demikian, memiliki wawasan yang luas, kemudian menjadikan lingkungan di sekitarnya sebagai bahan komedi. Tentunya, tidak sembarangan komedi, melainkan komedi yang cerdas, kritis, dan tidak menyinggung perasaan oranglain. Contoh melawak zaman now adalah stand up comedy.

2. Senang Mencari dan Membuat Meme (Gambar Lelucon ) yang Kreatif, Unik, dan Menghibur
Membuat meme yang berkualitas membutuhkan kreativitas yang tinggi. Biasanya, topik dicari dari hal-hal di sekitar kita serta hal-hal yang sedang viral. Pada dasarnya, mereka yang suka membuat meme berkualitas, juga merupakan seseorang yang mempunyai selera humor yang tinggi. Tapi kalau mau simpel, buat saja meme tentang wajah teman kita lalu disandingkan dengan artis atau orang terkenal yang memang punya kemiripan, pasti sangat menghibur dan menjadi bahan obrolan yang menarik.

3. Mempelesetkan Lirik Lagu atau Remix Lagu
Ketika ada lagu baru, biasanya ada orang yang senangnya mempelesetkan lirik lagu dan remix lagu (yang mirip-mirip biasanya disatukan liriknya). Tujuannya tentu saja untuk hiburan. Tapi sebaiknya tidak dikomersilkan, karena bisa dianggap melanggar hak cipta dan akhirnya dituntut oleh pemilik lagu.

4. Senang Meniru Suara dan Tingkah Laku Orang serta Hewan
Di antara teman kita, ada saja yang suka meniru suara temannya sendiri dan juga suara hewan. Bahkan, tidak hanya suaranya saja, karakternya juga ditiru semirip mungkin. Ini tentunya juga bagian komedi yang cerdas yang membutuhkan otak kanan yang kuat.

5. Bermain Musik
Bermain musik yang membutuhkan keahlian cukup tinggi seperti piano, gitar, drum, dsb, tentunya dapat mengasah otak kanan. Ketika otak kanan terasah, maka secara otomatis kecerdasan otak kiri juga meningkat. Misal: bermain piano, ketika mahir piano dengan nada yang pas, itu adalah kecerdasan otak kanan, otomatis harus tahu arti not baloknya, maka itu adalah kecerdasan otak kiri. Bahkan, saking kuatnya otak kanan seseorang, dia bisa memainkan berbagai alat musik dengan sempurna.

6. Olahraga Ringan
Misal sekedar jalan kaki sambil melihat jalan yang baru, lingkungan yang baru, dan pemandangan yang baru, itu juga bagian dari aktivitas otak kanan, karena dari aktivitas tersebut, memunculkan imajinasi dan ide-ide baru. Lalu, senam ringan bersama teman dengan menciptakan gerakan-gerakan yang unik. Dan, sekarang dikenal juga senam otak yang gerakannya sepintas mudah tapi nyatanya cukup rumit juga. Olahraga ringan tsb dikombinasikan dengan olahraga pemikir seperti catur, pasti bisa bikin tambah cerdas. Tp aneh ya, catur kok disebut olahraga, aktivitas fisik menguras tenaganya mana???
.
7. Bermain Game
Untuk bermain game, sebaiknya dihindarkan game yang terlalu keras, yang malah bikin stres. Cukup game yang ringan dan menghibur saja. Game yang mengasah kreativitas tentunya lebih disarankan, apalagi ada unsur gerakan olahraga seperti Virtual Reality dan Nintendo Wii. Sebaiknya dibatasi waktunya agar tidak kecanduan.

8. Memasak
Setiap kegiatan yang berkaitan dengan seni pada dasarnya mengasah otak kanan. Memasak pun bagian dari seni, ada seninya, mulai dari mengkreasikan bumbu, menampilkan hidangan agar terlihat rapi dan berkelas, memunculkan masakan unik, dsb. Para Chef profesional pada dasarnya berjiwa seni tinggi, karena tampilan makanan dibuat semenarik dan seenak mungkin.

9. Ibadah
Jangan salah, ibadah ritual dan sosial juga merupakan sarana yang ampuh untuk menyeimbangkan otak kiri dan kanan. Misal untuk ibadah ritual: di agama Islam dikenal ibadah sholat n mengaji, di agama Hindu ada meditasi, dsb. Sedangkan untuk ibadah sosial dikenal dengan sedekah, berbagi dengan yang membutuhkan, dsb. Biasanya, setelah melakukan kegiatan sosial, ada semacam kelegaan, stres pun hilang, dan memunculkan rasa syukur atas nikmat Tuhan. Bahkan, ide-ide baru akan muncul jika pikiran sudah tenang.

10. Travelling
Travelling ke tempat yang masih asing bisa jadi aktivitas otak kanan yang tidak disadari juga, dimulai dengan  mempelajari tempat wisata yang dituju, mengingat jalan yang dilewati, mempelajari karakter masyarakat, bahasa dan budayanya, serta mencicipi kuliner setempat. Dari experience itu, akan muncul ide-ide baru yang siap dituangkan. Bahkan, bisa dijadikan duit (misal buat materi untuk blog profesional).

11. Menciptakan Tren yang Baru, Bagus, dan Unik
Tidak usah terlalu jauh untuk menciptakan produk/jasa yang benar-benar baru, bagus, dan unik, itu kerjaan pengusaha. Cukup  ciptakan trenyang ada di diri kita, mulai dari gaya rambut, kaca mata, pakaian, sepatu, celana panjang, jam tangan, dsb. Inspirasi yang mudah biasanya dari artis ternama, lalu kita ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Tapi, tren yang dianggap melawan arus ini tetap harus mengedepankan etika dan estetika, sehingga akan dihargai oleh oranglain.

Silakan mampir juga ke blog saya yg kedua (ttg kesehatan & kemanusiaan, full text english) dan ketiga (ttg masalah & solusi kelistrikan). Semoga bermanfaat. Thx. Berikut link-nya:
Blog 2: healthyhumanityvicagi.blogspot.com
Blog 3: listrikvic.blogspot.com



No comments:

Post a Comment

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)😇
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜

Disrupsi Digital dan Inovasi Era Kenormalan Baru

Disrupsi Digital Pandemi Covid-19 yang terjadi berbulan-bulan dan menimpa hampir seluruh negara di dunia membuat kacau kondisi ekonomi se...